Mau Punya Film? Bikin Novel Aja

Written By Asep Irwan on Wednesday, 7 January 2015 | 19:36

Sumber gambar diakses dari www.kapanlagi.com
Pernahkah teman-teman nonton film layar lebar seperti Laskar Pelangi, Ayat-Ayat Cinta, Sang Pemimpi, Negeri 5 Menara, Marmut Merah jambu atau yang terbaru Supernova? Tahukah teman-teman bahwa film-film tersebut diadaptasi dari sebuah novel? Dunia perfilman di Indonesia kini memang sedang marak dan bergairah. Bagaimana tidak, setiap bulan selalu ada film atau sinema baru Indonesia yang muncul di Bioskop. Telisik punya telisik, ternyata bahan cerita dari beberapa film yang ada berasal dari novel yang telah terbit.

Peluang
Dari deskripsi diatas maka sebenarnya terbukalah peluang bagi para penulis untuk punya film dari adaptasi novel yang ditulisnya. Menurut penulis, kesempatan emas ini memiliki harapan dan prospek yang besar untuk membawa para penulis novel lebih produktif, meningkatkan pendapatan serta personal branding. Meski sebenarnya film yang ada adalah karya milik sang produser dan sutradara, namun saat novel kita diadaptasi untuk sebuah film tentu kita akan mendapatkan royalti dan secara tak langsung film yang diproduksi juga bagian dari film kita. :)

Niat Menulis
Meski kesempatan dari menulis novel ini sangat besar, namun jangan sampai niat anda untuk kemudian menulis novel hanya karena karena faktor “materi” atau “ketenaran”. Ini tentu niat menulis yang tidak baik. Menurut beberapa penuturan novelis besar, niat menulis haruslah memiliki “kekuatan besar” dari sekedar hanya untuk mencari materi dan ketenaran. Sebaiknya saat kita menulis, kita niatkan saja untuk kebermanfaatan bersama, artinya novel yang kita tulis nantinya bisa berguna bagi banyak orang dan masyarakat. Dengan begitu kita juga punya nilai pahala untuk bekal diakhirat kelak. Ya nggak?? hehehe :)

Lha Kamu Sendiri?
Hahahaha... Penulis sendiri sebenarnya memang punya beberapa coretan untuk naskah novel, namun penulis yang masih amatiran ini masih harus belajar lebih banyak untuk memproduksi sebuah novel. Penulis yang tidak punya latar belakang studi sastra dan jurnalistik ini hanya punya sedikit pengalaman dibidang media non fiksi. Novel yang mengandalkan skill bercerita dengan konsep fiksi tentu menjadi tantangan tersendiri buat penulis. Meskipun demikian, penulis akan tetap berjuang untuk bisa membuat novel yang baik dan bermanfaat. Doakan saja penulis bisa menerbitkan novel yang lalu diadaptasi buat film kelak ya.. Amiin.... :)

Nusantara, 7 Januari 2015

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Mau Punya Film? Bikin Novel Aja yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 19:36

4 komentar:

  1. Banyak lo bang penulis novel yang nggak ada latar belakang sastra. Pokoknya latihan terus.

    ReplyDelete
  2. tips bikin film dong kang :D ane bekas pembuat film karbitan nih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke,,meditasi dulu cari idenya gan... :D

      Delete