Hal-hal Yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan Tiba

Written By Asep Irwan on Thursday, 15 January 2015 | 23:02

Sumber gambar diakses dari liriklaguanak.com
Indonesia yang memiliki dua musim setiap tahunnya ini memang memiliki karakteristik musim yang khas dan unik. Musim hujan yang melanda negeri ini kali ini juga mempunyai beberapa keunikan didalamnya. Dari keunikan yang ada, perlu kita tahu bahwa musim hujan ini juga menyimpan misteri dan hal-hal yang membahayakan bagi manusia. Maka dari itu kita harus mengetahui hal-hal yang menjadikan musim hujan ini membahayakan. Dari beberapa fakta yang ada dilapangan, penulis mencatat setidaknya ada lima hal yang perlu kita waspadai saat musim huja tiba. Hal-hal yang perlu kita waspadai itu adalah :

Petir
Datangnya hujan seringkali diiringi dengan kehadiran petir. Dalam beberapa kasus, petir ini tak jarang menyebabkan jatuhnya korban jiwa karena tersambar petir. Maka petir yang membawa kekuatan yang besar dan berbahaya ini harus kita diwaspadai saat hujan turun membasahi bumi. *buset sok puitis nih gw

Pohon Tua
Yang dimaksud disini bukannya bahaya karena pohon tua yang banyak penunggunya ya. Namun yang dimaksud adalah pohon tua yang sewaktu-waktu bisa roboh dan menimbulkan korban nyawa dan kerugian materil. Pohon yang tua saat musim hujan memang rentan roboh karena angin kencang yang biasanya hadir bersama datangnya hujan. Maka saat musim hujan sebisa mungkin hindari berteduh di pohon yang yang sudah tua. Trus gimana kita tau kalau pohon itu sudah tua? Ya kira-kira saja, kalau masih nggak yakin ya tanya aja sama pohonnya.. hahaha.. *becanda ya.. :D

Jalanan
Saat musim hujan jalanan akan licin, becek dan beberapa berlubang. Maka dari itu anda sebagai pengguna jalan dan terutama anda yang berkendara harus ekstra hati-hati saat dijalan. Tingginya angka kecelakaan saat musim hujan mengindikasikan betapa berbahayanya jalanan saat itu. Mengurangi kecepatan kendaraan anda dan mematuhi peraturan lalu lintas yang ada mungkin bisa menjadi solusi agar anda menghindari resiko bahaya jalanan yang ada.

Angin
Dibeberapa waktu, hujan kadang hadir dengan angin yang kencang. Jika hal ini terjadi dilingkungan anda maka anda harus waspada. Hal ini dikarenakan angin kencang bisa menyebabkan banyak hal pada diri anda, dari kelilipan, jatuh dari motor atau sepeda, atau bisa juga masuk angin. Beberapa kasus, angin kencang juga menyebabkan rusaknya atap rumah dan juga robohnya pohon. Maka waspadalah.. waspadalah..

Suhu Dingin
Mungkin kasus yang terakhir ini berlaku pada orang-orang tertentu saja. Suhu dingin yang dibawa musim hujan memang mengharuskan orang beradaptasi dengannya. Bagi seseorang yang tidak bisa beradaptasi dengan suhu dingin ini biasanya mereka akan terkena imbasnya seperti sakit, masuk angin atau mungkin kedinginan yang berlebih. Maka siap-siap saja dengan beberapa hal yang bisa menghangatkan tubuh kalau anda tak bisa menyesuaikan dengan suhu yang dingin. Atau kalau sudah tidak ada pilihan lain yang deket kompor aja biar anget ya... hehehe.. becanda ya...

Nusantara, 15 Januari 2015

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Hal-hal Yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan Tiba yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 23:02

9 komentar:

  1. Yang sering sih kepeleset gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh itu dia bro, maka dari itu kita perlu ekstra hati-hati saat musim penghujan tiba :D

      Delete
  2. oi kang, maen dong ke blog ane jspvalentino.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. om, numpang nanya nih?
    klw perpanjang KTP di mna ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimana aja boyeh... haghaghaghag... :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Jalanan paling rawan kepeleset tuh. Banyak yang kecelakaan gara-gara jalanannya licin. Dulu hampir. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah jalanan di negeri endonesa...

      Delete