Bersiaplah Untuk Tantangan di Tahun 2015

Written By Asep Irwan on Thursday, 1 January 2015 | 15:44

Sumber gambar diakses dari nakernews.com
Suasana menyambut tahun baru memang selalu terasa menggembirakan dengan kemeriahan disana-sini. Meski seharusnya refleksi dan introspeksi yang musti dikedepankan, kemeriahan tahun baru sepertinya sudah tak bisa dihilangkan dan sudah menjadi tradisi di semua tempat. Dibalik kemeriahan perayaan tahun baru ini tahukah teman-teman ada tantangan besar yang akan kita hadapi ditahun 2015 ini?

Tantangan besar yang mau tak mau harus kita dihadapi sebagai warga negara Indonesia adalah pasar bebas ASEAN (Asia Tenggara) yang akan membentuk AFTA (ASEAN Free Trade Area). Apa tantangannya? Tergantung posisi kita ada dimana. Tapi yang pasti semua posisi akan berhadapan dengan tantangan tersebut. Pasar bebas Asia Tenggara yang berwujud MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ini memang akan membuat persaingan yang ketat disemua bidang profesional. Bagaimana tidak, MEA ini nantinya memungkinkan satu negara bisa menjual barang dan jasa serta keahlian (tenaga kerja) dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara. Keadaan ini pastinya akan membuat kompetisi antar perusahaan dan para pekerjanya akan semakin ketat.

Pasar bebas Asia Tenggara yang akan dimulai tahun 2015 ini harus kita disikapi dengan serius dan cepat. Kita harus segera berbenah dan menyesuaikan diri agar bisa bersaing dengan produk dari luar Indonesia. Upgrade dan update diri mungkin adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan. Kita tak boleh terlena terlalu lama dengan keadaan kita sekarang. Bersegera untuk action dan action adalah hal yang musti dikedepankan. Karena kalau tidak, kita akan terlindas zaman dan perubahan yang ada. Satu hal lagi yang perlu kita tahu bahwa MEA sebenarnya tantangan permulaan, karena beberapa tahun berikutnya kita akan dihadapkan dengan tantangan yang lebih besar lagi dalam bentuk perdagangan bebas APEC (Asia Pacific Economic Coorporation) yang rencananya akan diberlakukan tahun 2020.

Nusantara, 1 Januari 2015

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Bersiaplah Untuk Tantangan di Tahun 2015 yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 15:44

2 komentar:

  1. wah berarti persaingan tambah ketat ya.. mantap bener nih...

    ReplyDelete