Empat Momen Yang Bertepatan Pukul 00.00 Januari 2015

Written By Asep Irwan on Friday, 2 January 2015 | 16:27

Sumber gambar diakses dari tabloid.yellowpages.co.id
Awal tahun 2015 ternyata tidak hanya sekedar pergantian tahun semata. Ada beberapa momen penting yang mewarnai malam pergantian tahun Kamis dini hari kemarin. Dari pengamatan dan pengetahuan penulis setidaknya ada empat momen yang muncul bertepatan dengan pergantian tahun pukul 00.00 Januari 2015 tersebut. Momentum yang bisa bertema sebagai kabar gembira dan kabar kurang menyenangkan itu adalah :

Kenaikan Tarif Kereta Api Jarak Jauh
Bagi anda pecinta perjalanan kereta api, bersiaplah untuk merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan harga tiket untuk kereta api jarak jauh akan naik per 1 Januari 2015. Hal itu akan seiring dengan rencana pemerintah yang juga berencana menghapus subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi per Januari 2015. Harga tiket ini akan disesuaikan dengan Peraturan menteri Perhubungan yang ada ketentuan harga batas bawah dan batas atas.

Kenaikan Tarif Dasar Listrik
Diawal tahun yang baru ini, delapan golongan pelanggan listrik harus bersiap dengan perubahan skema tarif dengan tidak tetap atau adjustment mulai 1 Januari 2015. Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (Tariff Adjustment) yang akan dilaksanakan setiap bulan ini akan terjadi apabila terjadi perubahan dari salah satu atau beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Biaya Pokok Penyediaan Tenaga Listrik seperti nilai tukar mata uang Dollar Amerika terhadap mata uang Rupiah (kurs), Indonesian Crude Price (ICP) dan inflasi.

Kenaikan Harga Properti
Terakhir, kenaikan harga yang harus diterima oleh para konsumen adalah harga properti (rumah). Harga properti yang meroket diawal tahun 2015 ini besarannya bervariasi mulai lima persen hingga lima belas persen. Menurut salah satu staff pengemban properti, kenaikan harga properti tersebut dipicu tingginya tingkat permintaan.

Turunnya Harga BBM Bersubsidi
Dari sekian kabar naiknya harga, satu-satunya kabar tentang turunnya harga adalah pada komoditas BBM (Bahan Bakar Minyak). Ya, belum genap 2 bulan saat pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM pada 17 November 2014, kini per 1 Januari 2015 harga BBM kembali turun. Seiring dengan terus melorotnya harga minyak dunia, pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai 1 Januari 2015. BBM bersubsidi yang turun adalah jenis premium atau RON 88 dari Rp 8.500 menjadi Rp 7.600 dan solar dari Rp 7.500 menjadi Rp 7.250.

*Referensi :
http://bisnis.liputan6.com/read/2155351/januari-2015-tarif-listrik-berubah-ubah-seperti-pertamax

Nusantara, 2 Januari 2015

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Empat Momen Yang Bertepatan Pukul 00.00 Januari 2015 yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 16:27

4 komentar:

  1. buseet semua pada naik.... ampun dah...

    ReplyDelete
  2. waah semua moment di tujukan pada kenaikan harga.wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini memang wow sekali dan itulah kenyataan yang harus diterima.

      Delete