Trip To Kebun Raya Bogor

Written By Asepsandro on Monday 13 June 2011 | 10:42

Minggu kemarin Iwan dan temannya Ito sengaja ingin mencoba petualangan ke luar kota. Akhirnya dipilihlah Bogor dan Kebun Raya Bogor sebagai tujuannya. Jalan-jalan ke Bogor sangatlah murah meriah. Murah karena total biaya yang dikeluarkan tidak lebih dari 50 ribu rupiah (termasuk transport, tiket masuk dan makan dan minumnya). Meriah karena di sana rame pengunjung, tempatnya keren dan cocok untuk melepas penat.

Setelah berunding sana sini kami memutuskan untuk naik transportasi kereta api KRL dari Stasiun Jakarta Kota. Inilah salah satu faktor yang membuat perjalanan kita murah dan cepat. Dari tempat tinggal, kami naik motor terlebih dahulu untuk nantinya dititipkan ke parkiran 24 jam disamping pintu utama stasiun Jakarta Kota. Sesampainya di stasiun kami langsung membeli tiketnya seharga 5.500 rupiah saja. Murah kan. Perjalanan ke Bogor dengan KRL ekonomi AC membutuhkan waktu 1 jam 45 menit. Namun jika teman-teman menginginkan lebih cepat lagi dan bebas dari para pedagang teman-teman bisa menggunakan KRL ekspress yang harganya dua kali lipat dari KRL ekonomi. Karena kami lebih ingin santai dan menikmati perjalanan, maka kami memilih KRL ekonomi.
Karcis KRL Ekonomi AC :

Sesampainya di stasiun Bogor kami menuju ke minimarket yang berada di stasiun untuk membeli beberapa makanan dan minuman dengan asumsi bahwa disetiap tempat wisata manapun (termasuk Kebun Raya Bogor) harga makanan akan melambung tinggi. Setelah dari minimarket kami melanjutkan perjalanan ke Kebun Raya Bogor dengan angkutan kota 02. Angkutan dari stasiun ke KRB atau Kebun Raya Bogor (gue singkat aje ye) menempuh waktu sekitar 15 menitan saja dan ongkos 2.000 rupiah saja. Mantap kan. Sesampainya di KRB, saya langsung menuju petugas loket tiket dan membeli 2 tiket untuk saya teman saya. Harga tiket masuk untuk wisata alam dan ilmu pengetahuan seperti KRB tidaklah terlampau mahal. Harga tiket hari libur hanya 9.500 rupiah saja per-orang. Mungkin untuk tiket hari biasa harganya bisa kurang dari itu (mungkin) hehehe…
HTM Kebun Raya Bogor :

Setelah membeli tiket kami langsung masuk ke dalam. Karena kami masuk dari pintu dua, yang posisinya dekat dari Istana Bogor. Kami langsung menuju Istana Bogor terlebih dahulu. Setelah puas berada disana dan mengabadikan gambar, kami melanjutkan perjalanan mengelilingi KRB. Karena saking luasnya KRB, perjalanan mengeliingi KRB dengan jalan kaki mengharuskan kami dibeberapa tempat beristrahat. Namun jangan khawatir, bagi yang capek berjalan disetiap lokasi KRB difasilitasi tempat duduk yang nyaman bahkan dilokasi dekat orchidarium disediakan tempat untuk minum bagi yang merasa kehauasan di tengah jalan. Mantap kan. Bagi yang ingin mengelilingi KRB secara keseluruhan dan dengan cepat pihak pengelola KRB menyediakan mobil kelilingnya tentunya dengan membayar sejumlah uang. Namun, bagi saya jalan kaki lebih menyenangkan dan lebih menikmati keindahan dan kesejukan KRB.

Sekarang ke masalah makanan dan jajanan. Kalau tadi saya bilang bahwa ada anggapan bahwa jajanan dan makanan di kawasan wisata harganya mahal, maka di KRB asumsi semacam itu tidak berlaku. Jajanan dan makanan dikawasan ini harganya sangat standart seperti ditempat-tempat yang lain. Seperti example ice krim genggam yang dijual hampir disetiap ujung jalan harganya 2.000 rupiah saja. Dilokasi dekat musium zoologi terdapat sebuah café kecil, kami memutuskan untuk memesan indomie goreng + telur dan minuman jus buah. Harga indomie+telur hanya 7.000 rupiah dan jus buah hanya 5.000 rupiah saja. Mantap kan. Sebenarnya ada satu café atau tempat makan lagi di ujung timur KRB namanya “deDaunan”, nah untuk yang satu ini saya belum mengetahui harga-harganya, karena waktu itu kami belum terlalu merasa lapar.

Terlepas dari hal itu, kunjungan ke KRB bagi kami sangatlah funtastic. Karena selain kita mendapat pengetahuan alam, zoologi, fitologi dan history kita juga dapat merasakan keindahan serta kesejukan panorama alam yang jarang sekali kita jumpai di Jakarta. Walhasil, setelah hampir semua lokasi kita kunjungi, kami memutuskan untuk pulang melewati gerbang pintu satu. Foto-foto sebentar dan akhirnya kita mengucapakan selamat tinggal kepada KRB dan semoga kita berjumpa lagi di lain waktu. Great Holiday…Thank You Kebun Raya Bogor!!!

Ditulis Oleh : Asepsandro ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Trip To Kebun Raya Bogor yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.