Legenda Roro Jongrang ( Candi Prambanan)

Written By Asep Irwan on Sunday, 6 March 2011 | 09:42



Ada legenda di balik pembangunan Prambanan ini. Menurut cerita rakyat, konon ketika itu ada Raja Boko, seorang raja raksasa yang bertempat di desa Prambanan, yang memiliki puteri cantik bernama Roro Jongrang.
Singkat cerita, Bandung Bondowoso, seorang ksatria dari Kerajaan Pengging berhasil mengalahkan Raja Boko dan segera melamar Jonggrang. Roro Jonggrang menerima lamaran tersebut, asal Bondowoso mampu membuat seribu candi dalam semalam. Bondowoso menyanggupi permintaan itu. Dengan bantuan dari makhluk halus, ia mampu mewujudkan keinginan sang gadis. Namun, sebelum candi yang terbuat genap berjumlah 1.000 buah, Roro Jonggrang dengan dibantu rakyat Prambanan segera membunyikan alu dan lesung. Setelah alu dan lesung berbunyi, ayam jantan berkokok. Ini dimaksudkan untuk menipu Bondowoso agar dikira hari telah pagi dan Bondowoso pun terpaksa berhenti bekerja, padahal sudah 999 buah candi tercipta, tinggal satu buah lagi yang belum jadi. Namun, ia mengetahui bahwa Roro Jonggrang telah berlaku licik, ia pun marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung sebagai penggenap jumlah patung menjadi 1.000 buah. Dalam sekejap Roro Jonggrang berubah menjadi patung.
Cerita ini tentunya tak pernah terjadi, melainkan hanya legenda orang-orang di sekitar Prambanan. Dan sebetulnya, jumlah candi di Prambanan ini tak mencapai seribu, melainkan hanya 250 buah. Patung Batari Durga Mahisa Suramardhani di dalam Candi Siwa, oleh masyarakat setempat dipercaya sebagai penjelmaan Roro Jonggrang.

Sumber : bse.depdiknas.go.id

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Legenda Roro Jongrang ( Candi Prambanan) yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 09:42

0 komentar:

Post a Comment