Tahun Baru - Resolusi Lama

Written By Asep Irwan on Tuesday, 31 December 2013 | 08:02

Sumber gambar : google.com
Tahun yang baru tinggal menghitung mundur dalam beberapa jam lagi. Semua orang menantinya, dengan berbagai cara, dengan berbagai resolusi. Sesuatu yang baru memang selalu menghadirkan asa yang baru pula. Sebagaimana presiden dan gubernur baru yang menumbuhkan harapan – harapan yang baru bagi rakyatnya.

Tahun baru memang identik dengan resolusi. Wajar juga sih jika kita membuat resolusi dalam tahun yang baru ini. Tapi menurut saya, apakah kita benar – benar sudah benar jika kita meninggalkan tahun lama tanpa refleksi. Maka sebenarnya sebelum kita menuliskan resolusi, alangkah baiknya jika kita lakukan sebuah kontemplasi. Bukankah saat awal tahun 2013 kita juga bikin resolusi. Nah, coba sekarang kita ambil lagi kertas itu, renungkan, cermati dan pikirkan apakah ada target – target yang kita tulis itu meleset. Jika memang demikian, pantaskah kita ujug – ujug beralih pada resolusi baru dengan meninggalkan resolusi lama yang masih gagal.

Refleksi itu penting, bahkan lebih penting dari resolusi itu sendiri. Dengan kita melakukan refleksi, kita akan mendapatkan gambaran diri. Dengan berefleksi, kita akan mengetahui apa – apa yang musti kita perbaiki, apa – apa yang harus ditingkatkan dan apa yang memang tetap dipertahankan. Banyak cara untuk melakukan refleksi tahun baru. Cara sederhana dan logis berefleksi yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan melihat dan merenungkan resolusi tahun sebelumnya. Apakah ada dari target yang luput dan tidak terealisasi. Jika memang ada, maka sebaiknya kita tuliskan lagi untuk resolusi tahun yang baru.

Tahun yang baru tak harus dengan resolusi yang baru. Sebagaimana hari raya tak harus dengan pakaian baru. Ia harus direfleksikan, dikoreksi ulang dan diverifikasi terlebih dahulu. Layaknya sebuah perusahaan besar yang selalu melakukan evaluasi setiap akan tutup buku, kita pun sebaiknya melakukannya juga. Maka menjelang tahun baru yang hanya dalam hitungan beberapa jam lagi ini, yok kita lakukan refleksi aka kontemplasi diri. Mudah – mudahan ditahun yang baru nanti kita mendapatkan sesuatu yang baru pula. Sesuatu yang membuat kita lebih baik dan selalu mendapat ridho-Nya dari apapun yang kita kerjakan. Dan semoga Indonesia menjadi lebih tangguh dan lebih sejahtera dan makmur buat rakyat – rakyatnya. Amiiin ya rabbal alamiiin...

Tasikmalaya, 31 Desember 2013
@asepsandro_del

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tahun Baru - Resolusi Lama yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 08:02

0 komentar:

Post a Comment