4 Pertanda Bulan Ramadhan di Indonesia Akan Segera Tiba

Written By Asep Irwan on Sunday, 24 May 2015 | 22:47

Sumber gambar diakses dari www.wallpapers.website
Bulan Ramadhan adalah sebuah waktu yang sangat menjadi ikonik di Indonesia. Hal ini disebabkan karena pada saat itu umat muslim yang menjadi mayoritas di negeri khatulistiwa ini sedang menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Selain ibadah puasa, pada bulan suci tersebut seringkali muncul tradisi atau kebiasaan yang sangat khas yang memang tidak terdapat pada bulan-bulan pada kalender Hijriyah lainnya. Saking kentalnya nuansa bulan Ramadhan di Indonesia, seringkali bulan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya ini telah terasa bahkan berbulan-bulan sebelum Ramadhan benar-benar tiba. Dengan sebuah tanda-tanda khusus, bulan Ramadhan di Indonesia bisa diidentifikasi bahwa kehadirannya sudah dekat. Lalu apa saja pertanda atau ciri bahwa bulan Ramadhan di Indonesia akan segera tiba? Berikut ulasannya.

Penjualan Tiket Kereta Lebaran
Tanda pertama bulan Ramadhan akan tiba adalah mulai dijualnya tiket kereta api lebaran. Ya, semenjak PT KAI (Kereta Api Indonesia) mulai memberlakukan sistem pembelian tiket 90 hari sebelum pemberangkatan, masyarakat selalu memburu tiket kereta lebaran ini untuk kepentingan mudik ke kampung halaman. Maka tak ayal kemudian saat PT KAI memberi info penjualan tiket lebaran ini, maka seketika nuansa bulan Ramadhan pun mulai terasa.

Iklan Sirup Marjan
Entah sejak kapan iklan sirup ini mulai muncul dilayar TV (televisi), terutama saat-saat menjelang bulan Ramadhan. Masyarakat Indonesia yang gemar nonton TV, tentu sudah sangat hafal dengan ritme dari kemunculan iklan sirup ini. Saat lama tak hadir dan tiba-tiba muncul di layar kaca, maka iklan tersebut telah menjadi tanda bahwa Ramadhan akan segera tiba.

Puasa Rajab
Puasa Rajab adalah puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Rajab, dua bulan menjelang bulan Ramadhan tiba. Saat bulan Rajab tiba, nuansa Ramadhan langsung terasa, karena saat itu banyak orang yang menjalankan puasa layaknya puasa bulan Ramadhan. Keutamaan yang besar saat berpuasa pada bulan Rajab di klaim menjadi hal yang membuat banyak orang menjalankan ibadah ini.

Persiapan Menjelang Ramadhan
Bulan Ramadhan dengan segala hal yang meliputi didalamnya memang selalu menarik untuk dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Maka tak ayal, untuk menyambut bulan suci ini, masyarakat Indonesia akan mempersiapkan segala sesuatunya. Dari pihak takmir masjid dan mushollah yang biasanya akan mempersiapkan tempat dan acaranya dengan baik hingga persiapan di dalam rumah sendiri yang seringkali banyak disibukkan dengan urusan dapur dan tetek bengeknya.

Itulah beberapa pertanda yang seringkali muncul sebelum bulan Ramadhan hadir di Indonesia. Ini tentu sebuah fenomena yang menarik untuk semakin memperkaya khasanah negeri ini dimana mungkin saja tidak dimiliki dan dipunyai negara lain di luar sana.
Nusantara, 24 Mei 2015

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 4 Pertanda Bulan Ramadhan di Indonesia Akan Segera Tiba yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 22:47

5 komentar:

  1. "Iklan Sirup Marjan"..paling ngakak baca ini pak :)
    tp sangat bener bangets sekali nih iklan kena dihati bangets :D
    salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, memang begitulah situasinya.. Salah satu inspirasi tulisan ini juga dari iklan itu gan... hahaha... :D

      Delete