Earth Hour Harusnya Berikan Award

Written By Asep Irwan on Sunday, 29 March 2015 | 21:42

Sumber gambar diakses dari jitunews.com
Earth Hour yang merupakan sebuah aksi sosial yang dipelopori oleh World Wide Fund for Nature (WWF) ini memang sudah mulai populer di beberapa negara. Kegiatan pemadaman lampu yang dilakukan secara global setiap Sabtu terakhir pada bulan Maret setiap tahunnya ini menjadi hal yang cukup berharga bagi pelestarian lingkungan dan isu perubahan iklim. Pemadaman selama satu jam yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2007 ini amat menarik bagi para pelaku dan pemerhati lingkungan. Namun sayang kegiatan positif ini terkadang kurang begitu sukses berlangsung di beberapa negara, termasuk di Indonesia pada tahun 2015 ini. Entah apa penyebabnya, namun menurut penulis Earth Hour menjadi tidak begitu menarik dikarenakan tidak adanya award (penghargaan) yang mungkin bisa diberikan bagi negara yang paling sukses menyeleggarakan Earth Hour.

Ciptakan Persaingan
Adanya award atau penghargaan biasanya akan menciptakan persaingan antar para pesertanya. Nah, dengan adanya persaingan ini selain akan menjadikan Earth Hour menjadi lebih menarik, juga akan menciptakan suasana yang lebih kompetitif dan meriah. Tentu saja persaingan ini haruslah sehat dan tidak merusak hakikat Eart Hour itu sendiri. Persaingan yang sehat akan terlihat dari cara yang dilakukan apakah memang legal atau tidak. Maka dari itu dibutuhkan aturan yang bisa mengikat dan menjadi pedoman pada kompetisi Earth hour ini.

Dapatkan Yang Terbaik
Dengan adanya kompetisi dari sebuah persaingan, maka umumnya kita akan mendapatkan sesuatu yang terbaik dari yang baik. Tentu saja dengan mendapatkan yang terbaik, kegiatan Eart Hour ini juga akan memperoleh manfaatnya dengan maksimal. Untuk menentukan yang terbaik dengan manfaat yang maksimal ini dibutuhkan juri yang kompeten dan adil untuk menilai siapa negara yang berhak mendapatkan award.

Menarik Untuk Sosialisasi
Salah satu hal dari adanya award atau penghargaan ini adalah kegiatan promosi dan sosialisasi yang bisa dilaksanakan dengan menarik. Apalagi untuk award sekelas Earth Hour yang diadakan oleh organisasi sosial yang telah memiliki reputasi yang baik seperti WWF (World Wide Fund) ini. Tentu saja bayangan saya saat WWF membuat Earth Hour dengan sebuah award, maka setiap negara akan berlomba-lomba melakukan promosi dan sosialisasi yang menarik agar warganya ikut aktif dan mensukseskan Eart Hour untuk bisa memenangkan award bergengsi tersebut.

Nusantara, 29 Maret 2015

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Earth Hour Harusnya Berikan Award yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 21:42

7 komentar:

  1. iya nih, setuju tentang awards pelaku earth hour. biar warga tiap negara bisa ikut berpartisisapi untuk #SaveOurEarth :)

    ReplyDelete
  2. bagus gagasannya biar bumi semakin berumur panjang
    https://aksarasenandika.wordpress.com/2015/03/29/mendoan-kebanggaan-asli-banyumasan/

    ReplyDelete
  3. Mungkin dananya, Mas? Mau dari mana? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ini organisasi internasional, masa nggak punya dana sih... hehehe... :)

      Delete