Berlomba – Lomba Jadi Trending Topic

Written By Asep Irwan on Monday, 3 November 2014 | 23:19

Sumber gambar : http://dalealaweb.com/
Dunia internet semakin menemukan jati dirinya. Volume pengguna internet yang semakin membesar yang didukung pesatnya teknologi yang berkembang membuat orang mau tidak mau terseret arus modernisasi yang ada. Maka tak heran jika kemudian media sosial menjadi begitu populer di masyarakat. Mudahnya mengakses internet saat ini adalah petunjuk bagaimana social media selalu bertumbuh dan bertumbuh. Keberadaan social media yang tumbuh dengan pesat ini membuat para pelaku bisnis dan industri tak mau ketinggalan. Berbagai jurus dan trik dilakukan agar bisnisnya bisa dikenal dan menjadi trending topic.

Twitter
Salah satu media social yang sering dijadikan sasaran trending topic adalah twitter. Twitter sendiri adalah social media yang muncul pada tahun 2006 di Amerika dan kini telah menjadi salah satu social media terbesar di dunia dengan pendapatan hampir mencapai 16 miliar dollar AS. Di Indonesia, media social dengan ciri khas 140 karakter itu sudah mendapatkan tempat tersendiri dimata Netizen. Menurut hasil perhitungan tahun 2013 oleh Semiocast, peneliti sosial media, dalam jajaran negara pengguna twitter, Indonesia telah menempati urutan ketiga setelah Amerika dan Jepang. Dan yang lebih meyakinkan lagi, menurut survey yang sama, kota Jakarta menjadi kota dengan urutan pertama dalam hal urusan ativitas tweet. Ini tentu sebuah pertumbuhan luar biasa di negara Indonesia.

Kejar Hashtag
Salah satu teknik untuk menjadi trending topic di media social twitter adalah dengan memperbanyak hashtag. Hashtag [#] adalah keyword atau tag yang ada pada pesan twitter. Ini bertujuan untuk memudahkan twitter kita untuk terindeks dalam mesin pencari seperti Google,Yahoo, Bing dan lainnya atau mempermudah saat pencarian pada twittersearch.

Dengan hadiah tertentu, beberapa acara talkshow di televisi kini sangat terlihat getol mengajak penontonnya untuk mengetikkan hastag tertentu di twitter. Dengan demikian karena semakin banyaknya hastag yang dikirim ke twitter, maka peluang menjadi trending topic akan semakin besar.

Apa Untungnya?
Menjadi trending topic memang tidak serta merta membuat perusahaan dan bisnis memperoleh keuntungan atau laba yang besar. Namun trending topic akan membuat bisnis anda jadi terkenal. Lalu kenapa kalau terkenal? Menjadi terkenal bagi sebuah bisnis adalah modal dan nilai yang tak terhingga. Dengan produk atau jasa yang dikenal mudah oleh publik itu artinya tahapan marketingnya telah berhasil dengan baik. Tinggal bagaimana ia meyakinkan konsumen bahwa produk atau jasanya layak dibeli dan memuaskan, maka omzet besar akan segera mengikutinya. Namun kebanyakan 8 dari 10 orang akan membeli produk yang sudah ia kenal daripada produk yang belum dikenalnya. Maka menjadi terkenal dalam sebuah bisnis sangatlah penting. Dalam dunia digital seperti sekarang salah satu strategi menjadi terkenal yang paling efektif adalah menjadi trending topic di social media.

Nusantara, 3 November 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Berlomba – Lomba Jadi Trending Topic yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 23:19

5 komentar:

  1. benar sekali ,berlomba-lomba semuanya dari yang halal sampai yang haram pun mereka lakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkinkah karena persaingan yang sangat ketat??

      Delete
  2. Sudah 2 belakangan ini, saya malah mencoba untuk tidak maen twitter, habisnya kalo dipikir-pikir banyak buang waktu aja gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 apa tuh gan, 2 hari, 2 minggu, 2 bulan?? hehehe.. Terimakasih sudah mampir...

      Delete
  3. itu pasti contohnya adalah stasiun televisi swasta baru N*T TV ya kan??

    ReplyDelete