Esensi Ekonomi Kreatif

Written By Asep Irwan on Wednesday, 19 November 2014 | 20:44

Sumber gambar : danielozzy.blogspot.com
Ekonomi kreatif di negeri ini saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan. Kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB Indonesia kini mencapai Rp 642 triliun, atau 7 persen dari angka nasional. Hal ini dinyatakan sendiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu kepada Kompas beberapa waktu yang lalu. Hal ini menunjukkan bahwa kreatfitas adalah hal yang menjanjikan dan menguntungkan bagi sebuah bisnis. Keadaan yang serba sulit bisa jadi menjadi penyebab dimana manusia kini berpikir keras mencari jalan keluar dari situasi yang sulit ini.

Manusia memang terkadang akan mengeluarkan sebagain besar energinya jika berada pada posisi yang terdesak. Ada yang bilang inilah yang disebut dengan The Power of Kepepet, sebuah kekuatan besar yang muncul saat manusia berada pada posisi yang sulit dan mendesak. Semua daya pikir dan kekuatan manusia ini bisa jadi sangat memiliki daya energi yang tak disangka – sangka oleh mereka yang benar – benar melakukan hal ini. Dari peristiwa ini biasanya mereka akan mendapati potensi diri yang sesungguhnya. Potensi yang selama ini tak disadari ada pada diri mereka.

Maka kreatifitas adalah hal yang faktor yang amat penting bagi siapapun yang ingin mencapai keadaan maksimal dalam dirinya. Beberapa perusahaan besar mungkin tak akan bisa sebesar sekarang jika tak memiliki sebuah tim kreatif yang bekerja pada beberapa divisinya. Kini tim kreatif memiliki peran yang sangat krusial untuk meningkatkan rating sebuah acara di televisi. Jika acara bisa mencapai rating tertinggi dari acara televisi lain tentu saja profit perusahaan dari iklan juga akan meningkat. Inilah kemudian yang membuat banyak perusahaan berlomba – lomba mencari orang - orang kreatif untuk bisa mengembangkan bisnis dan perusahaannya.

Jika anda adalah pemilik sebuah perusahaan tentu anda harus segera mencermati keadaan ini. Sebagai pebisnis anda pasti tak mungkin melewatkan sebuah kesempatan besar yang mampu menumbuhkan perusahaan anda bukan. Maka cobalah mulai saat ini jadikan perusahaan anda sebagai perusahaan yang menjalankan bisnis kreatif. Sebuah bisnis yang mendorong karyawan anda untuk bisa berpikir out of the box dan mencari jalan – jalan alternatif guna mendorong efisiensi dan produktivitas yang menguntungkan.

Manusia adalah makhluk unik yang diciptakan Tuhan yang memiliki kelebihan dibanding makhluk – makhluk lainnya. Maka setiap manusia sebenarnya memilki sebuah kelebihan yang diberikan Tuhan sejak dia lahir. Namun kadang manusia tak menyadarinya dan bahkan mengkerdilkan kelebihan dan potensinya dengan cara bermalas – malasan. Tugas manusia didunia ini tidak lain adalah mencari potensi dirinya untuk mencari jawaban dari pertanyaan untuk apa dirinya dilahirkan kedunia ini.

Perjalanan mencari manusia berbeda – beda, ada yang cepat dan lambat. Namun sayang, beberapa dari mereka lelah dalam pencarian tersebut. Perusahaan anda juga perlu melakukan eksplorasi dan elaborasi diri secara kontinyu. Dunia yang dinamis ini kini menuntut perusahaan selalu melakukan evaluasi agar mampu mengenali jati diri perusahaan yang sebenarnya. Maka kreativitas yang kini sedang menjadi sebuah faktor potensial dalam perekonomian harus dicermati benar oleh pemilik perusahaan yang ingin bisnisnya maju dan berkembang.

Nusantara, 19 November 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Esensi Ekonomi Kreatif yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 20:44

2 komentar:

  1. Baca ini jd seneng, di saat merasa org Indonesia kok pakai produknya kebanyakan bukan buatan Indonesia.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih... itulah indonesia yang tak tau potensi dirinya... :)

      Delete