Tips Mengatasi Dehidrasi Saat Musim Kemarau

Written By Asep Irwan on Thursday, 6 November 2014 | 20:18

Sumber gambar : 3.bp.blogspot.com

Musim kemarau dengan suhu yang tinggi dan kelembaban udara yang rendah seperti saat ini memang selalu membuat tubuh kehilangan cairan. Bahkan beberapa kasus ancaman dehidrasi menyerang kita. Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh sangat membutuhkan air dengan segera. Kondisi dehidrasi ini biasanya membuat seseorang merasa lemas dan lesu. Tentu solusi utama dari dehidrasi adalah minum air sebanyak mungkin. Namun selain banyak minum ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi dehidrasi dengan efektif, seperti :

Makan Buah
Buah adalah alternatif asupan untuk tubuh pengganti minuman. Mengapa, karena buah banyak mengandung banyak air yang berguna untuk mengindari diri dari rasa haus dan dehidrasi. Beberapa buah yang bermanfaat untuk menyegarkan badan itu antara lain : Semangka, Melon, Jeruk, Blewah dan Apel. Buah – buah ini bisa anda konsumsi untuk menghindari tubuh dari dehidrasi.

Hindari Panas Menyengat
Tempat - tempat yang bersuhu tinggi seperti tempat peleburan besi, perapian dan lingkungan luar merupakan beberapa lokasi yang harus anda hindari sesegera mungkin. Kontak langsung dengan tempat – tempat tadi akan mempercepat tubuh kehilangan cairan dengan cepat dan sangat potensial tubuh mengalami dehidrasi. Mungkin saat bekerja dan beraktivitas kita tak bisa menghindari tempat – tempat dengan panas menyengat itu, namun kita bisa memberi batasan waktu untuk tidak berlama – lama di tempat tersebut. 


Jangan Stress dan Emosi
Menurut penelitian, terlalu banyak emsoi dan stress akan mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan. Maka saat kemarau yang panas ini hindarkan diri dari emosi yang berlebihan dan stress diri. Selain terhindar dari dehidrasi, dengan hidup yang jauh dari stress tubuh anda akan jauh lebih sehat dan awet muda. Mau kan terlihat selalu awet muda.

Berteduhlah
Hal yang sering kali membuat kita cepat haus dan kehilangan cairan adalah terlalu seringnya kita berpanas – panasan di luar. Indonesia dengan panas yang menyengat disetiap harinya bisa membuat suhu tubuh mendadak tinggi. Jika kita merasa sudah kepanasan saat berada diluar, berteduh adalah solusi untuk mengembalikan suhu tubuh kembali normal. Jika suhu tubuh kembali normal maka kita bisa meminimalisir terjadinya dehidrasi.

Jangan Lupa mandi
Mandi adalah hal yang sangat efektif untuk menurunkan suhu tubuh yang panas dan menghindari dehidrasi. Maka saat kemarau seperti ini jangan sampai kita bermalas – malasan untuk mandi. Selain bisa menyehatkan badan, mandi 2 kali sehari akan menghindarkan diri dari dehidrasi dan akan membuat kita selalu semangat. Namun satu hal yang tak harus dilakukan saat mandi adalah membuang – buang air secara berlebihan. Boros adalah sikap yang tidak bijaksana, disaat air sedang kurang saat kemarau, kita tentu harus lebih hemat saat menggunakan air, termasuk waktu mandi.

Nusantara, 6 November 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Mengatasi Dehidrasi Saat Musim Kemarau yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 20:18

4 komentar:

  1. kayaknya tips bagus nih bisa dicoba apalagi sekarang masih kemarau. air susah dimana mana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan.. Terimakasih sudah mampir..

      Delete
  2. nambahin satu gan... jangan makan makanan yang berminyak, ini yang bikin cepat haus dan dehidrasi..

    ReplyDelete