Yang Harus Dimengerti Dari Mendaki Gunung

Written By Asep Irwan on Friday, 7 November 2014 | 18:47

Sumber gambar : thecheapskatemom.com
Kegiatan naik gunung kini sedang populer dikalangan remaja. Mendaki gunung memang membawa pengalaman tersendiri yang mengesankan untuk selalu dibagi. Menikmati alam pegunungan yang hijau, udara yang dingin dan nyanyian burung dengan berbagai pemandangan yang ada, terutama sunrise, tentu membuat suasana saat mendaki gunung selalu dirindukan. Namun tahukah kalian bahwa untuk mendapatkan itu semua, seorang pendaki, harus mau tak mau menjalankan banyak pengorbanan, seperti :

Super Capek
Yang jelas dari naik gunung itu adalah capek. Dengan alasan apapun, naik gunung pasti akan membuat tubuh menjadi lelah, entah saat atau setelah mendaki. Dengan aktivitas berjalan puluhan kilometer dengan beban bawaan yang cukup berat maka mendaki gunung akan selalu menguras energi. Maka sebaiknya sebelum naik gunung, persiapkan kondisi fisik terlebih dahulu, seperti dengan cara rajin olahraga, lari atau jogging dan juga sit up atau push up.

Panas dan Hitam
Bagi kalian yang concern pada kulit tubuh, sebaiknya anda berpikir 2-3 kali sebelum naik gunung. Mengapa? Karena mendaki gunung akan membuat anda kepanasan dan kulit menjadi hitam. Kok bisa? Bukannya disana dingin ya? Yup. Benar sekali suhu di daerah pegunungan sangat dingin, tapi justru karena efek dingin itu kulit menjadi rentan hitam saat disiang hari. Disiang hari, suhu dipegunungan (apalagi dipuncak gunung) akan berubah drastis menjadi sangat panas. Itulah yang membuat kita kepanasan dan kulit menjadi hitam. So, bersiaplah untuk itu.

Tak Boleh Sembarangan
Saat naik gunung, kalian tak boleh seenak kalian berbuat. Ada adat istiadat dan aturan yang harus dipatuhi ditiap – tiap lokasi. Jika ada yang melanggarnya, bukan tidak mungkin bakal ada semacam karma yang akan menimpa. Biasanya aturan umum dilokasi pendakian adalah tidak boleh berkata kotor, merusak lingkungan atau mengambil sesuatu dari lokasi. Maka dari itu biasakan sebelum mendaki, kalian menggali informasi atau bertanya pada juru kunci, hal – hal apa yang menjadi aturan di gunung yang akan kalian daki.

Rawan
Nah, ini yang musti perlu dipahami dan dimengerti, bahwa naik gunung banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Kelaparan, kehausan, terjatuh, pingsan, lecet, terluka, hingga amit – amit tersesat dan tewas adalah hal – hal yang bisa saja terjadi saat mendaki gunung. Sudah banyak cerita tentang hal – hal yang telah disebutkan. Maka persiapkan segala sesuatunya sebelum kalian benar – benar berangkat mendaki gunung.

Beberapa hal diatas bukan maksud penulis menakut – nakuti kalian untuk pergi mendaki gunung. Penulis hanya memberikan masukan dari pengalaman yang telah ada. Maka sedia payung sebelum hujan, agar tak kehujanan atau bisa – bisa nanti masuk angin dan sakit. Selamat mendaki...!!

Nusantara, 7 November 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Yang Harus Dimengerti Dari Mendaki Gunung yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 18:47

4 komentar: