Hati-hati Dengan Puasa Anda Saat Menjelang Berbuka

Written By Asep Irwan on Thursday, 4 August 2011 | 22:54


Hati - Hati dengan puasa anda menjelang buka puasa? Kenapa? Terutama bagi anda yang tak terlepas dari kehidupan jalanan ibukota, keadaan menjelang buka puasa menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga puasa anda tetap pada jalurnya (tak batal). Mengapa? Tak lain tak bukan karena jalanan di ibukota pada saat-saat menjelang buka puasa akan menjadi lautan kendaraan yang berjalan bak siput yang sedang kesemutan (macet).

Trus apa hubungannya dengan batal puasa? Mungkin saya bisa membagi pengalaman saya saat pulang kantor tempo hari. Saat itu saya melewati jalanan sekitar kebayoran lama dengan tujuan arah Palmerah. Saat itu kesabaran saya sangat - sangat diuji. Dengan keadaan macet dan hawa yang panas dihampir disetiap ruas jalanan serta keadaan puasa yang menahan haus, maka disini dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Jika tidak, anda akan berjingkat-jingkat atau kemungkinan menyalakan klakson kendaraan anda berkali-kali untuk memarahi orang yang berada didepan anda untuk segera mempercepat kendaraannya. Akibatnya, kemarahan anda akan berdampak pada tidak sahnya puasa yang anda jalankan dan hampir akan anda selesaikan dalam beberapa jam kedepan.

Sayang kan puasa anda jika hanya dalam beberapa jam saja puasa anda menjadi batal?? Lantas bagaimana mengatasinya?? Banyak cara untuk menyiasati hal ini (menurut versi saya) antara lain :

1). Perkirakan jarak dan waktu yang anda tempuh dalam perjalanan pulang. Jika jarak kantor dan rumah anda terlampau jauh, tak ada salahnya anda berbuka puasa di kantor bersama teman-teman kantor anda. Saya telah mencobanya dan ternyata seru juga.

2). Jika anda memaksakan untuk pulang, maka tak ada salahnya anda persiapkan perbekalan untuk dijalan(minimal air mineral). Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika anda tidak sampai tujuan ketika waktu buka tiba.

3). Jika anda kekeuh agar bisa berbuka puasa di rumah, anda harus menyiasati agar perjalanan anda tidak terjebak macet. Mungkin anda bisa mencari jalan alternatif yang tidak terkena macet (meskipun agak diragukan, karena hampir disetiap jalan macet) atau mungkin anda bisa memakai angkutan yang bebas macet seperti busway.

4). Jika anda yakin bahwa anda tidak bakal sampai kerumah tepat waktu buka puasa, anda bisa membagi waktu tempuh perjalanan anda dengan beristirahat dan berbuka dibeberapa tempat seperti di kaki lima ataupun di masjid atau musholla untuk sekalian sholat maghrib. Selanjutnya anda bisa melanjutkan kembali separuh perjalanan anda sampai kerumah.

Demikianlah tips dan sharing pengalaman yang bisa saya bagi kepada teman-teman. Jika teman-teman punya tips dan pengalaman lain terkait perjalanan menjelang buka puasa, bisa teman-teman sampaikan dikolom komentar dibawah ini. Akhirnya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan semoga puasa kita tetap pada jalurnya hingga hari kemenangan tiba….Aminnn……!!!!

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Hati-hati Dengan Puasa Anda Saat Menjelang Berbuka yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 22:54

0 komentar:

Post a Comment