Tips Naik KRL Yang Aman dan Nyaman

Written By Asep Irwan on Monday, 27 October 2014 | 12:13

Sumber gambar : http://belantarajakarta.files.wordpress.com/2011/07/dsc02413.jpg

Bagi sebagian besar warga DKI Jakarta dan warga kota peyangga Jakarta, KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter line adalah kebutuhan yang tidak dapat dikesampingkan. Sarana transportasi yang murah dan nyaman ini selalu menjadi pilihan utama penduduk Jabodetabek untuk bepergian serta berangkat dan pulang kantor. Meski dengan segala perbaikan yang telah dilakukan PT. KAI akhir - akhir ini, namun masih saja terjadi hal - hal yang tidak mengenakkan bagi penggunanya. Kasus - kasus seperti pelecehan, terjepit karena berdesakan atau juga kehilangan barang merupakan kejadian yang selalu meresahkan para pengguna KRL. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menikmati perjalanan KRL anda dengan aman dan nyaman :

Bertanya Kepada Petugas
Jika anda pengguna baru KRL dan atau anda yang masih binggung tentang informasi KRL, anda bisa bertanya langsung pada para petugas KRL di stasiun yang siap sedia membantu anda. Jangan ragu untuk bertanya apapun yang masih membuat anda binggung dan tak mengerti tentang KRL. Karena jika anda tak bertanya, bisa-bisa anda tersesat dibelantara Jakarta. hahaha.. Dan sejauh pengalaman penulis saat menggunakan KRL, tak pernah ada petugas yang marah saat ditanya - tanya. Asal jangan tanya yang aneh-aneh aja ya.. hehehe..

Perhatikan Pemberitahuan
Inilah yang suka tidak diperhatikan oleh para pengguna KRL. Dengan banyaknya pilihan rute yang ada, sebenarnya kita bisa memilih kereta yang dahulu datang dan tiba dengan cepat sampai tujuan. Setiap stasiun KRL yang ada akan selalu memberitahukan posisi kereta yang akan tiba. Maka perhatikan setiap ada pemberitahuan dari pengeras suara. Jangan sampai anda akan ketinggalan kereta atau malah salah kereta ya.

Ikuti Aturan
Beberapa keributan yang ada di KRL biasanya terjadi karena pengguna tak mengetahui tata tertib yang ada di KRL. Maka jika anda ingin nyaman dan tak ada keributan menghampiri anda saat menaiki KRL, maka anda perlu mengetahui beberapa tata tertib naik KRL. Salah satu aturan yang perlu anda cermati adalah gerbong dan kursi prioritas. Anda perlu mengetahui bahwa ada gerbong khusus wanita yang tak boleh diisi oleh penumpang pria. Dan kursi prioritas disemua gerbong itu berlaku untuk lanjut usia, wanita hamil, penyandang cacat dan ibu pembawa anak.

Perhatikan Sekitar Anda
Memperhatikan apa – apa disekitar anda akan membuat anda aman. Saat menunggu kereta di stasiun ataupun saat anda berada dalam kereta adalah hal yang perlu anda waspadai. Apalagi jika anda perempuan. Meski sudah ada petugas pengaman stasiun, namun keadaan stasiun dan gerbong KRL yang selalu penuh dengan penumpang merupakan ancaman bagi siapapun yang berada di stasiun dan KRL.

Jangan Tertidur
Ini dia yang seringkali dialami para pekerja pengguna KRL saat pulang kantor. Mungkin karena rasa lelah setelah bekerja, tubuh menggiringnya untuk terlelap. Bagi anda yang sering kali mengantuk dan tertidur di KRL, anda perlu lebih waspada lagi dengan keamanan barang dan diri anda. Apalagi jika anda membawa barang yang harus taruh terpisah dari anda, maka sebaiknya anda tidak tidur untuk bisa mengamankan barang anda. Tertidur bukan pula akan mengancam keamanan diri dan barang anda. Tertidur di KRL juga bisa membuat anda kebablasan tempat atau stasiun yang anda tuju. Maka selalu berhati – hatilah saat anda mengantuk dan ingin tertidur di KRL. Waspadalah ... waspadalah ... hehehe...

Nusantara, 27 Oktober 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Naik KRL Yang Aman dan Nyaman yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 12:13

2 komentar:

  1. satu lagi gan, jangan naik atap KRL. hahaha ..

    ReplyDelete
  2. @Anonymous : itu mah nekat gan, hahaha.... :D

    ReplyDelete