Sebelum Menghujat Susi Pudjiastuti ...

Written By Asep Irwan on Wednesday, 29 October 2014 | 19:34

Sumber gambar : http://www.jpnn.com/picture/
Menteri Kelautan dan Perikanan baru pada kabinet Kerja Jokowi – JK, Susi Pudjiastuti kini tengah menjadi perhatian publik. Kehadiran dirinya saat dipanggil presiden Jokowi saat pengenalan menteri Minggu, 26 Oktober 2014 di Istana Negara langsung menjadi sorotan dari media. Lebih – lebih sesaat setelah acara pengenalan itu, Susi kedapatan merokok di depan istana negara. Publik pun gempar, banyak cibiran di media sosial yang ditujukan pada Susi, meski beberapa netizen juga membelanya. Namun apakah benar sosok perempuan ini harus kita hujat karena beberapa ulahnya seperti merokok dan bertato?

Kenali lebih dalam
Sebelum menghujat, alangkah baiknya kita mengenali sosok orang yang kita hujat. Siapa dirinya? bagaimana latar belakangnya? Apa yang telah dia perbuat? Sudah kenal betulkah kita dengan Susi Pudjiastuti? Siapa dirinya? Susi Pudjiastuti adalah sosok pengusaha yang sukses dengan bisnis penerbangan dan perikanan. Susi sendiri sampai sekarang masih menjabat sebagai Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air. Dan siapa sangka kalau pengusaha sukses dari Pangandaran itu hanya tamatan SMP? Kesuksesan bisnisnya bukan tanpa rintangan, namun ketekunan dan kerja keras yang dilakukan Susi adalah hal yang patut kita contoh. Susi sudah berani hidup mandiri sejak bangku SMP. Ia menjalankan bisnis dari bawah sebagai pengepul ikan. Ia berani dan pantang menyerah untuk mewujudkan cita – citanya untuk sukses.

Bercermin
Kebanyakan dari kita melakukan kesalahan saat menghujat seseorang. Sifat manusia yang cenderung mengkritik orang lain adalah perihal yang manusiawi. Namun ada etika dan norma – norma yang harus tetap dijaga saat melakukan kritik. Sebelum melakukan kritik dan hujatan alangkah baiknya kita bercermin dahulu untuk mengenali diri. Susi Pudjiastuti adalah sosok tamatan SMP yang kini sukses dalam bisnis. Apakah kita juga seperti itu? Sudahkan kita sukses seperti Susi?

Belajar Dari Sejarah
Banyak kisah yang bisa kita jadikan acuan untuk kisah Susi Pudjiastuti ini. Bagaimana kisah Bob Sadino dan Adri Wongso yang sukses tanpa ijazah atau sosok orang terkaya dunia Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang drop out dari perguruan tinggi. Hal ini membuktikan bahwa peradaban manusia punya banyak sejarah yang perlu kita fahami. Sejarah berguna dalam kehidupan sebagai pelajaran sebelum manusia melangkah.

Don’t Judge Book By The Cover
Pesan terakhir yang ingin penulis sampaikan adalah bahwa janganlah kita terpaku pada fisik dan penampilan orang dari luarnya saja. Susi memang terkesan agak urakan. Namun apakah itu bukti tanda bahwa ia bukan orang baik? No, jangan lupa juga bahwa sudah banyak kisah yang membuktikan bahwa orang dengan penampilan meyakinkan eh malah cuman kedok dan malah berbuat kriminalitas.

Nusantara, 29 Oktober 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Sebelum Menghujat Susi Pudjiastuti ... yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 19:34

2 komentar:

  1. Biasa, orang indonesia kan sukanya nunjuk orang, dirinya sendiri nggak pernah dikoreksi. :D

    ReplyDelete
  2. bener juga ya, bola aja jagonya komentar doang... hahaha... ayo segera berbenah indonesia ...!!!

    ReplyDelete