Cara Berhemat Yang Sering Kita Lupakan

Written By Asep Irwan on Sunday, 7 September 2014 | 13:26

Sumber gambar : google.com
“Hemat pangkal kaya”, mungkin pepatah ini sering kita dengar sejak kita sekolah ditingkat dasar. Tapi apakah kita sudah cukup memahami dan melakukannya dalam kehidupan kita sehari – hari? Ada banyak cara untuk menjadikan hidup kita hemat kalau kita mau menyadarinya. Namun terkadang rasa berlebihan dan acuh tak acuh membuat kita melakukan pemborosan tanpa kita sadari. Inilah beberapa hal yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk melakukan penghematan tapi sering kita lupakan :

1. Matiin TV Saat Tidur
Nonton TV adalah aktivitas untuk mengisi waktu luang dan nikmati waktu santai. Beberapa orang menikmati aktivitas ini hingga berjam – jam. Namun sayang dalam beberapa kasus, kita lupa matiin TV saat kita kemudian tiba – tiba terlelap di layar karena rasa lelah. Jika hal ini terjadi berulang kali, anda bisa menyiasatinya dengan melakukan setting waktu mati otomatis pada TV anda. Dengan hal ini, kita bisa leluasa untuk menonton TV tanpa khawatir untuk mematikannya saat kita tertidur lelap.

2. Antri Isi Bahan Bakar
Kebanyakan orang membiarkan kendaraan tetap menyala saat mengantri isi BBM di SPBU. Apakah teman – teman juga melakukan hal ini?  Tahukah kalian bahwa negara kita sudah bukan lagi negara pengekspor minyak seperti dulu kala. Itu artinya kita sudah tak punya daya dan kuasa lagi untuk menghasilkan atau menentukan harga minyak dipasaran dunia. Boro – boro ikut nentuin harga, buat stok satu tahun aja kadang nggak cukup... hahahaha...

3. Matiin AC Saat Keluar Kamar
AC (Air Conditioner) memiliki tegangan listrik yang cukup besar di antara beberapa komponen listrik di rumah. Biasanya kita tak cukup peduli jika AC di kamar atau di rumah tetap dalam kondisi menyala saat kita keluar rumah. Padahal jika saja kita bisa matiin AC sebelum kita keluar rumah, kita bisa menghemat listrik dan sekaligus mengurangi efek global warming dari AC.

4. Mandi Dengan Air Berlebih
Air bersih kini telah menjadi kebutuhan mahal bagi beberapa masyarakat di beberapa wilayah. Tingkat pencemaran air dan berkurangnya sumber – sumber air dituding menjadi penyebab berkurangnya ketersediaan air bersih. Kadang kita tak sadar bahwa kita sudah menggunakan air secara berlebihan saat kita mandi. Kita lupa dan tak paham bahwa air bersih memiliki sumber yang terbatas.

5. Berlebihan Saat Pakai Tisu dan Kertas
Berapa jumlah pack tisu yang anda pakai untuk kebutuhan anda setiap hari? Berapa jumlah kertas yang anda buang saat anda melakukan kesalahan print atau salah tulis? Tahukah kalian bahwa bahan tisu dan kertas itu terbuat dari kayu sebuah pohon? Dan tahukah kalian bahwa jumlah pohon di planet ini telah mengalami penurunan yang akut? Lalu apa yang akan terjadi saat kita acuh tak acuh saat menggunakan tisu dan kertas yang ada? Ya silahkan saja anda bayangkan sendiri efek dan dampaknya. Setidaknya kita sudah paham apa itu global warming.

So, kalau kita bisa menghindari pemborosan diatas, kita mungkin bisa sedikit demi sedikit membantu merawat lingkungan dan bumi ini. Kita tak perlu merasa jumawa atas segala apa yang kita punya sehingga kita bisa berbuat apa saja termasuk pemborosan. Kita hanya perlu sedikit sadar dan paham bahwa masih banyak dari saudara – saudara kita yang masih membutuhkan hal – hal diatas. Selain itu kita harus segera sadar juga bahwa planet ini sudah rapuh dan lapuk karena lingkungan yang semakin rusak. Lalu apakah kita sudah tak peduli lagi dengan masa depan generasi penerus setelah kita. Jadi mulai sekarang bijaklah dalam apa – apa yang sedang kita lakukan. Sadar dan selalu aktualisasikan diri kita pada yang terjadi di lingkungan sekitar. Tak perlu gengsi untuk melakukan efisiensi. Kita hanya perlu pembiasaan saja untuk bisa terbiasa dengan cara berhemat yang sering kita lupakan ini.

Batavia, 7 September 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Berhemat Yang Sering Kita Lupakan yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 13:26

7 komentar:

  1. Nomor 2 kena banget sama gue, udah kebiasaan aja sih kayaknya, jadi kadang lupa ngga langsung di matiin :p

    ReplyDelete
  2. Nah klo gt mulai skrng matiin aja mesinnya waktu isi BBM di SPBU. ^_^

    ReplyDelete
  3. untungnya gua udah kebiasaan hemat deh. tisu bekas aja suka dipake ulang. haha. jorok sih itu, bukan hemat.
    tambahan bro, jangan lupa matiin lampu kalau keluar kamar, atau keluar kamar mandi

    ReplyDelete
  4. Bener jg. Lampu jg kudu dimatiin klo udah gk kepake. Klo tisu udah dipake ya gk perlu dipake lg lah bro. Cuman kita efisien aja pakenya. ^_^

    ReplyDelete
  5. wah bermanfaat banget ni broh biar gak boros juga. tnx inpohnya

    ReplyDelete
  6. dunia memang sudah saatnya untuk berhemat ... dunia ini sudah HOT BGT ...

    ReplyDelete