Tanda Tanya Evolusi Ponsel dan SIM Card

Written By Asep Irwan on Sunday, 14 September 2014 | 16:29

Sumber gambar : google.com
Perubahan adalah hal primer yang ada dalam kehidupan. Sebuah perubahan akan terjadi dalam tempo yang singkat ataupun perlahan. Perubahan ini bisa terjadi hampir diseluruh aspek kehidupan. Salah satu perubahan bertahap yang saat ini bisa kita lihat adalah evolusi bentuk dari ponsel dan SIM card. Kalau anda hidup diawal tahun 2000-an, anda mungkin tahu persis bagaimana evolusi itu terjadi. Saya sendiri orang yang mendapati dan mengalami bahwa evolusi ini memang benar – benar terjadi.

Pada awal Millenium ke -2, ponsel merupakan perangkat mewah yang memiliki daya prestise tersendiri. Siapa saja yang saat itu memiliki ponsel dianggap sebagai orang kaya. Namun, seiring perkembangan, ponsel menjadi barang sekunder yang kini bisa dimiliki semua orang. Faktor tingkat persaingan antar produsen diduga membuat harga ponsel bisa dijangkau semua kalangan. Teknologi ponsel dalam sejarahnya juga menarik untuk kita ketahui. Tahukah kalian bahwa pada awal kemunculannya, ponsel memiliki bentuk badan yang besar. Saya tak tahu jenis dan tipe apa ponsel tersebut, tapi yang jelas ponsel ini kemudian bertransformasi.

Dari bentuk yang besar itu, ponsel berubah bentuk menjadi kecil dan terus mengecil. Semakin kecil handphone saat itu akan semakin mahal harganya dan menjadikan keren orang dibuatnya. Namun saat ini sepertinya perkembangan handphone telah mengubah wajahnya kembali pada leluhurnya dahulu. Meski kita akui teknologi ponsel semakin canggih, namun satu catatan yang tak terbantahkan bahwa bentuk ponsel telah berevolusi lagi menjadi besar dan terus membesar. Selain ponsel, ternyata SIM Card juga mengalami perbahan bentuk. Kalau dulu kita mengenal Mini SIM Card (Normal SIM), maka kini ada yang namanya Micro SIM dan Nano SIM yang bentuknya semakin mengecil. Kartu seluler yang bisa mengaktifkan manfaat ponsel ini sekarang menjadi sulit untuk sebagian orang karena mereka harus memotong normal SIM yang mereka beli.



Sumber gambar : google.com

Perubahan bentuk dari ponsel dan SIM Card inilah yang kemudian menjadi tanda tanya dalam diri saya. Apakah maksud dan tujuan dari perubahan ini? Apakah evolusi ini akan membuat dampak yang lebih baik atau lebih buruk? Saya sebagai salah satu konsumen ponsel dan Sim Card ini selalu berharap bahwa perkembangan teknologi yang ada bisa berdampak positif bagi kita. Tentu meski akan selalu ada celah , kelemahan dan kekurangan dari teknologi, namun kita sebagai pengguna harus bisa bijak terhadap teknologi yang sangat pesat ini. Apapun bentuk evolusi yang akan terjadi dikemudian hari, saya kira akan selalu menjadi misteri dan tanda tanya untuk sebuah kehidupan peradaban manusia.

Batavia, 14 September 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tanda Tanya Evolusi Ponsel dan SIM Card yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 16:29

5 komentar:

  1. power ranger aja berubah ... hahahaha... gooood .....

    ReplyDelete
  2. wah ada - ada aja si bos ini ... wkwkwkwkwk ....

    ReplyDelete
  3. Semakin keren-keren dan canggih ponsel jaman sekarang tapi justru membuat ponsel-ponsel jadul dirindukan. Selain jadi barang langka yang tidak jarang udah sulit didapatkan zaman sekarang yang kondisi dan fungsinya masih layak, juga seperti memiliki nilai kenangan. Terlebih kalau ada moment-moment tertentu yang "bersejarah" di saat kita masih memakai ponsel jadul tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang itulah kecenderungan yang ada disetiap bergulirnya waktu... #Paradoks

      Delete