Google Glass, Merealisasikan Teknologi Masa Depan

Written By Asep Irwan on Saturday, 12 April 2014 | 22:11

Sumber Gambar : Google.com

Teknologi akan selalu berkembang selama manusia masih hidup. Hal ini terjadi karena manusia selalu ingin untuk mempermudah hidupnya. Fungsi teknologi diciptakan memang untuk mempermudah hidup manusia. Maka tak ayal, teknologi akan terus menerus berkembang sejalan dengan tingkat penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Teknologi terbaru yang baru – baru ini menjadi kabar baru adalah Google Glass. Sebuah kacamata canggih yang bisa memberikan beragam informasi langsung didepan mata para penggunanya hanya dengan sentuhan touchscreen ditangan. Kecanggihan kacamata ini akhirnya membangunkan mimpi para pemimpi tentang teknologi pada film RoboCop dan Iron Man.

Ketika melihat tweet dari @kompascom tadi pagi tentang Google Glass, saya langsung teringat pada dua film yaitu RoboCop dan Iron Man. Kenapa harus dua film ini? karena menurut saya film ini menunjukkan kesamaan teknologi yang digunakan. Mungkin teman – teman juga sudah pernah nonton film Robocop dan Iron Man. RoboCop dan Iron Man adalah tokoh fiktif yang merupakan sebuah robot yang memiliki penglihatan super canggih. Ini tidak lain karena penglihatan mereka didukung oleh sebuah teknologi layar didepan mata yang mampu memberikan berbagai informasi yang diminta dan diinginkan.

Untuk lebih jelas tentang google glass ini, kita bisa lihat promosinya di tayangan youtube berikut :


Tempo hari saya nonton film astroboy di salah satu televisi swasta. Pasti kalian juga sudah pernah nonton film ini kan. Meski astroboy hanyalah film kartun, tapi film ini sudah bisa menggambarkan bagaimana teknologi modern impian manusia dimasa depan. Kecanggihan teknologi yang ditampilkan di film astroboy ini memang luar biasa. Bagaimana tidak, teknologi robot yang kemudian dikenal dengan astroboy ini adalah rekaan sang profesor yang ingin menghidupkan anaknya yang telah meninggal. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ia miliki, ia berhasil membuat robot yang sangat mirip dengan anaknya yang telah meninggal. Bahkan ia bisa membuat robot itu memiliki ingatan yang sama dengan anaknya dengan merekam DNA dari sisa rambut anaknya yang tertinggal di topi. Saya jadi berpikir apakah mungkin teknologi astroboy itu bisa terwujud juga?

Teknologi semakin lama memang semakin canggih. Dan sepertinya tak ada upaya untuk bisa menghadangnya. Kita sebagai manusia harus bijak menghadapi derasnya arus teknologi ini. Kita harus berhati – hati dengan teknologi, karena tak selamanya teknologi berdampak positif, tergantung pada penggunaannya. Google Glass adalah piranti yang bisa menunjukkan betapa teknologi masa depan itu bisa diwujudkan. Mungkin bisa jadi ini merupakan awalan. Kita tak tau teknologi apa lagi yang akan tercipta. Saya hanya berharap Google Glass dapat digunakan semestinya untuk manfaat yang positif dan kebaikan sesama. Semoga. Amiin.

Rawa Belong, 12 April 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Google Glass, Merealisasikan Teknologi Masa Depan yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 22:11

0 komentar:

Post a Comment