Ujian Nasional Bocor, Haruskah Diulang??

Written By Asep Irwan on Friday, 17 April 2015 | 19:46

Sumber gambar diakses dari dedidwitagama.wordpress.com
Lagi-lagi soal Ujian Nasional (UN) bocor. Ya, ini memang bukan kasus baru dalam sejarah perhelatan Ujian Nasional. Soal ujian nasional yang tertulis bersifat SANGAT RAHASIA ini tentu merupakan dokumen yang tidak bisa dipermainkan. Hal ini karena adanya hukum yang mengikat dan bisa menjerat orang-orang yang membuat dokumen negara ini menjadi bocor alias tidak lagi bersifat rahasia. Untuk kasus bocornya soal ujian nasional tahun ini seperti dijelaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan adalah sebanyak 30 soal dari 11.730 soal atau sekitar 0,25 persen. Meski belum ada putusan apakah akan diadakan ujian nasional ulang, namun kini telah muncul pro-kontra tentang wacana tentang pengulangan ujian nasional ulang ini. Lalu apakah memang Ujian Nasional (UN) ini memang benar-beanr perlu diulang? Berikut sedikit pandangan dari saya tentang refleksi bocornya ujian nasional.

Kualitas Lulusan UN
Sekecil apapun kebocoran yang terjadi, menurut penulis hal ini akan memiliki dampak langsung pada kualitas ujian nasional itu sendiri. Ya, kualitas lulusan UN yang selalu dipertanyakan dari tahun ke tahun ini menjadi semakin runyam jika pelaksanaan ujian itu sendiri masih terdapat cacat disana-sini. Maka, jangan bermimpi untuk menjadikan UN sebagai syarat masuk perguruan tinggi jika kualitasnya saja masih tidak terjaga.

Nasib Pendidikan Indonesia
Efek domino memang akan terjadi pada sebuah sistem yang tidak baik. Ujian nasional menjadi sebuah hal yang bisa terkena imbasnya. Ya, ujian nasional yang merupakan salah satu perwujudan dari sistem pendidikan Indonesia tentu sangat memiliki korelasi yang kuat diantara keduanya. Ujian nasional dan pendidikan nasional memang tak bisa terpisahkan. Maka jika ujian nasional baik, maka pendidikan Indonesia bisa selangkah lebih baik, dan sebaliknya. Menilik kasus-kasus ujian nasional yang telah terjadi selama ini, seperti apakah nasib pendidikan Indonesia saat ini? Silahkan untuk diinterpretasikan sendiri.

Kredibilitas Negara
Ujian Nasional (UN) adalah ujian yang diselenggarakan oleh negara Republik Indonesia secara nasional. Jika dalam pelaksanaannya dan evaluasinya ternyata masih belum baik maka hal ini akan berpengaruh pada kredibilitas suatu negara. Ya, negara yang merupakan puncak tertinggi dalam struktur lembaga tentu akan tercoreng wajahnya dimata dunia internasional karena kejadian ini. Ini tentang tanggung jawab, bukan tanya jawab. Negara yang merupakan ujung tombak sukses atau tidaknya Ujian Nasional harus terus berusaha menciptakan sistem Ujian Nasional yang baik jika tidak mau terus-terusan dipandang remeh negara lain.

Nusantara, 17 April 2015

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ujian Nasional Bocor, Haruskah Diulang?? yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 19:46

8 komentar:

  1. Nah kalo gini, siapa yang mau disalahin tentang bocornya soal UN? Kasian aja sama pelajar yang udah UN, kadang seenaknya aja sih.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah akibat dari sistem yg lemah.. Negara yg paling harus bertanggung jawab penuh atas semua ini..

      Delete
  2. setuju sama meme nya tuh, kalau bocor, pasti (atasnya) yang bermasalah, bukan dari bawah. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thats true men.. Kaum dibawah hanya jadi tumbal.. Itulah Indonesia.. #miris

      Delete
  3. tidak ada yang bisa menjamin kalau UN diulang pun tidak akan ada kebocoran. karena UN setiap tahunnya diulang, dan setiap tahun juga selalu ada kebocoran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin UN perlu cat merk No D**p, biar nggak bocor..bocor... :D

      Delete
  4. hehehhe .. betul itu kang.. :D :D

    ReplyDelete