Negeri Ijo Royo – Royo Yang Loyo

Written By Asep Irwan on Thursday, 20 February 2014 | 17:13

Sumber Gambar : Facebook Universitas Maiyah
Tahukah kamu negeri yang amat hijau dan subur. Tahukah kamu negeri yang memiliki jutaan plasma nutfah terkaya di dunia. Tahukah kamu negeri yang memiliki hutan sebagai paru – paru dunia. Tahukah kamu bahwa di dunia ini ada negeri yang merupakan percikan surga yang jatuh dari langit. Tahukah kamu bahwa negeri itu bernama Indonesia.

Tulisan ini lahir dari kisah perjalanan penulis saat bepergian ke Tasikmalaya, Jawa Barat dengan kereta api. ketika itu penulis naik kereta dari Jakarta ke Tasikmalaya untuk keperluan tertentu. Di perjalanan, penulis disuguhkan pemandangan alam yang sangat fantastis. Panorama yang kemudian meyakinkan penulis bahwa Indonesia adalah negeri yang ijo royo – royo. Mungkin perjalanan mengagumkan ini akan penulis bagi lain waktu ditulisan berikutnya. Berikut hasil dokumentasi penulis yang diambil dari atas kereta Serayu yang menggambarkan hijaunya negeri ijo royo - royo :

Foto 1

Foto 2

Foto 3

Foto 4

Foto 5
Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jalan cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu


Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman

Itulah lirik dari Koes Plus berjudul Kolam Susu yang bisa menggambarkan kehebatan Indonesia. Namun sayang, negeri ijo royo - royo itu sekarang loyo. Kemiskinan, pengangguran, anak putus sekolah dan kesehatan yang buruk adalah sederet fakta permasalahan yang sedang dihadapi oleh negeri ijo royo – royo. Cerita kebesarannya saat ini seakan meredup, seperti ditelan bumi. Negeri yang sedang terlelap dari tidur panjangnya. Semua orang menanti kebangkitannya. Kebangkitan yang akan membawa kesejahteraan bagi rakyat dan negaranya.

Rawa Belong, 20 Februari 2014
@asepsandro_del

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Negeri Ijo Royo – Royo Yang Loyo yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 17:13

3 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. bisa dibaca disini mas fandhy : http://asepsandro.blogspot.com/2014/02/panorama-ayu-bersama-ka-serayu_3478.html

    ReplyDelete