Jakarta Festival Museum Day 2012

Written By Asep Irwan on Sunday, 20 May 2012 | 14:41


Siang kemarin saya jalan – jalan ke Kawasan Kota Tua Jakarta. Ada yang sedikit berbeda dengan kawasan kota tua siang itu. Jajaran tenda kecil atau stand berderet membentuk persegi dengan tenda besar di tengah dan panggung besar di depan Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta. Ada yang tau ada apa di Kawasan Kota Tua tanggal 19 Mei 2012?


Yup, benar sekali, kemarin Siang di kawasan Kota Tua ada sebuah event Jakarta Festival Museum Day 2012. Event apa itu? Jakarta Festival Museum Day adalah sebuah event atau festival untuk memperingati hari Museum Internasional yang jatuh pada tanggal 18 Mei setiap tahunnya. Lho kok tanggal 18 Mei? Nggak salah nih? Kan kemarin tanggal 19 Mei? Telat atau gimana? Wah kalau untuk pertanyaan yang satu ini saya belum bisa jawab. Prediksi saya adalah acara ini di undur hingga tanggal 19 Mei di hari Sabtu agar menarik pengunjung lebih banyak lagi.

Acara yang bertajuk “Museum In a Changing World, New Chalenge New Inspiration” ini dimeriahkan oleh hampir seluruh museum yang ada di kota Jakarta. Bagi saya pecinta sejarah dan museum event ini sangatlah menarik. Selain dapat menambah wawasan seputar kesejarahan, festival ini sekaligus sebagai referensi saya untuk museum - museum di Jakarta yang belum saya kunjungi. Maklum sebagai pecinta sejarah dan museum, saya sangat suka berkunjung ke beberapa museum dan tempat bersejarah.

Selain pagelaran beberapa museum, tepat di depan museum Fatahillah juga disajikan beberapa aksi band dan tari – tari tradisional persembahan panitia acara. Selain itu di bagian Utara kota tua terdapat bazaar bagi yang ingin membawa Souvenir dan yang perutnya keroncongan. Namun dibalik semua itu semua ada makna yang harus kita ambil dari peringatan festival ini. Apa itu? Tentu saja pemahaman dan pengertian kita kepada masa lalu dan kesejarahan. Masa lalu bukan lantas harus dilupakan begitu saja, masa lalu adalah pengalaman berharga untuk memutuskan perihal di masa kini dan untuk melangkah ke masa depan. Dengan semangat Jakarta Festival Museum Day 2012 mari kita cintai museum, agar sejarah perjalanan bangsa ini dapat tersampaikan ke generasi berikutnya. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengerti dan memahami sejarah bangsanya.

Berikut beberapa dokumentasi Jakarta Festival Museum Day yang terekam kamera :



Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Jakarta Festival Museum Day 2012 yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 14:41

1 komentar: