Hiduplah Indonesia Raya….!!!!

Written By Asep Irwan on Sunday, 20 November 2011 | 23:20

Sumber gambar diakses dari youtube.com



Indonesia tanah airkuTanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku


Indonesia Kebangsaanku
……………………………………….
………………………………………..

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Tentu teman – teman tidak asing kan dengan beberapa tampilan tulisan diatas. Ya itulah lagu kebangsaan kita bersama “Indonesia Raya”. Lagu yang kemudian menjadi insiprasi munculnya tulisan ini. Lagu yang kemudian melambungkan tinggi garuda muda indonesia ke langit ketujuh. Dan lagu yang kemudian selalu membuat memori saya kembali ke Gelora Bung Karno.

Kala itu secara serentak seluruh isi stadion dengan khidmat mengumandangkan lagu kebanggaan bangsanya itu. Setali tiga uang saya pun yang notabene berada di stadion larut dalam nuansa nasionalisme tersebut. Benar- benar romansa dan momen yang tak akan pernah terlupakan dalam hidupku.

Kawan, jika kawan ingin melihat bagaimana rasa nasionalisme itu terwujud, teman – teman harus mencoba sensasi menonton langsung sepak bola tim nasional di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Tentunya, teman – teman harus menyesuaikan dengan timming laga yang akan digelar. Tidak lantas datang begitu saja melihat pertandingan. Apa kaitannya? Kembali ke tujuan awal kita yaitu ingin melihat rasa nasionalisme itu kan. Kalau pertandingan hanya ditonton beberapa orang saja tentu nasionalisme itu tidak begitu terasa. Tapi jika yang datang itu berjumlah puluhan ribu, maka orang yang nihil rasa nasionalismenya pun akan secara tidak langsung terbawa atmosfer pasukan merah putih di GBK.

Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” mungkin terasa agak kolot atau kuno memang menurut kebanyakan orang. Tapi coba anda nyanyikan lagu itu bersama – sama di Gelora Bung Karno, anda akan mengetahui perbedaannya. Yang juga membuat saya berdecak kagum kala itu di GBK adalah kekompakan para serdadu merah putih ini untuk melakukan beberapa aksi, seperti membuat gelombang penonton, atau aksi hening sesaat sebelum melantunkan Indonesia Raya. Sangat kompak, sangat indah, dan sangat nyata terlihat. Mungkin kalau ada award untuk kategori suporter bola dunia oleh FIFA, maka tidaklah berlebihan jika pemain ke-12 merah putih inilah yang masuk nominasinya.

Memerahnya Gelora Bung Karno memang suatu fenomena yang menarik bagi siapapun, termasuk saya. Buktinya, dari kalangan artis sampai para petinggi teras Istana Negara selalu tersorot kamera sesaat sebelum pertandingan dimulai. Sungguh fenomena yang sangat mengagumkan menurutku. Betapa tidak, Indonesia yang sangat beranekaragam suku, agama , etnis dan budaya dapat bersatu padu dalam sepak bola dan mendukung tim nasionalnya. Sungguh besarnya bangsa ini jika atau seandainya tercipta rasa nasionalisme seperti dalam atmosfer Gelora Bung Karno ini. Dan seharusnya hal ini patut di jadikan contoh atau inspirasi bagi para para pejabat pemerintahan untuk menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang besar dan maju dimata dunia internasional.

Seiring melajunya tim sepak bola Indonesia ke Final sekaligus memimpinnya Indonesia dalam perolehan sementara medali Sea Games 2011, maka saya selaku warga NKRI disini berharap dan terus berdo’a agar tim U-23 Indonesia mampu mengatasi Malaysia di Final yang diiringi pula dengan juara umum Sea Games. Amiin…. AYO INDONESIA BISA…. AYO INDONESIA BISA…. HIDUPLAH INDONESIA RAYA…..!!!

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Hiduplah Indonesia Raya….!!!! yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 23:20

0 komentar:

Post a Comment