Antara You Tube, Lipsync dan Ketenaran Mendadak

Written By Asep Irwan on Friday, 8 April 2011 | 00:53

Sepertinya baru kemarin mengetahui si “udin” yang tenar mendadak dengan lagu udin sedunianya, sekarang sudah ada lagi dan lagi-lagi tenar via You tube. Mungkin teman-teman juga sudah mengetahuinya, ya dia adalah Briptu Norman Kamaru seorang polisi Gorontalo yang menyanyikan lagu India dengan cara lipsync. Dan sepertinya, menurut saya akan masih banyak lagi ketenaran yang akan dibuat oleh you tube dan orang-orang didalamnya.

Hal yang tak dapat terelakkan. Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan setelah sedikit belajar sosiologi beberapa jam yang lalu. Dalam bab yang saya baca tentang perubahan sosial dikatakan bahwa salah satu faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya perubahan sosial adalah faktor teknologi yang tidak lain yakni sebuah penemuan teknologi. Teknologi memang bukan hal yang aneh di abad 21 saat ini. Perkembangan teknologi yang sangat cepat sudah tak dapat dihindari. Manusia tidak bisa lari darinya, akhirnya manusia sendiri yang harus menyesuaikan dengan keadaan tersebut. Soerjono Soekanto pakar sosiologi Indonesia sendiri menyatakan bahwa tidak ada masyarakat yang berhenti berkembang.

Sekilas jika melihat fenomena si Udin, Briptu Norman, bisa juga kita masukkan nama Sinta Jojo dengan keong racunnya atau sekaliber Justin Bieber maka bisa kita ambil satu konklusi yaitu mereka menjadi tenar atau terkenal lewat You Tube. You Tube sendiri adalah sebuah media dalam jaringan internet yang menyediakan fasilitas upload video. Tentunya jika video yang kita upload menarik dan banyak yang melihat dan menyukai maka ada kemungkinan kita akan bernasib sama seperti mereka. Tentunya saya kembalikan lagi kepada teman-teman apakah nasib seperti itu yang teman-teman cita-citakan.

Gimana bisa?? suara saya jelek. Jangan khawatir jika suara anda tidak mendukung untuk menjadi artis maka anda bisa memakai teknik lipsync. Tapi untuk menggunakan teknik ini syaratnya adalah aksi anda haruslah menarik, heboh dan bombastis. Jika aksi anda biasa-biasa saja jangan harap anda bisa tenar, boro-boro menjadi terkenal, video anda pun belum tentu ada yang melihat. Hehehe…. :)

Kembali ke soal teknologi sebagai faktor perubahan sosial tadi. Teknologi internet memang sudah banyak mengubah cara hidup manusia. Internet bukanlah barang yang mewah lagi di masa-masa sekarang ini. Bagaimana tidak, dari penyedia jasa warung internet (warnet) yang mungkin sudah mencapai jumlah ribuan sampai alat komunikasi genggam alias Handphone telah dilengkapi fasilitas internet. Bahkan menurut internetworldstats.com Indonesia menduduki peringkat kelima dengan jumlah pengguna internet terbesar se-Asia. Asia sendiri adalah pengguna terbesar jaringan internet dari benua-benua yang lain.

Tapi yang jelas perubahan sosial telah terjadi. Untuk menjadi seorang artis sekarang nggak harus memilki wajah yang cakep, suara yang merdu, atau modal yang berlimpah. Cukup beraksi yang heboh, bikin videonya upload ke you tube… lalu lihatlah apa yang akan terjadi……

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Antara You Tube, Lipsync dan Ketenaran Mendadak yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 00:53

0 komentar:

Post a Comment