13 Hari Menjelang SNMPTN 2011

Written By Asepsandro on Wednesday 18 May 2011 | 15:24


13 hari menjelang SNMPTN 2011, siswa-siswi SMU yang berencana akan melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi dilanda rasa kegalauan tingkat tinggi. Mungkin seperti itulah gambaran umum di tempat saya bekerja akhir-akhir ini. Kegalauan para calon penerus bangsa itu lebih dikarenakan binggungnya memilih jurusan.

“Kalau saya ambil jurusan ini nanti saya jadi apa kak??” begitulah beberapa pernyataan siswa kepada saya tadi siang. Beberapa gue jawab aja dengan becandaan,,Ya jadi manusia lah,masa mau jadi Power Rangers (becanda ya….hehehe :D). Dari peristiwa tersebut saya jadi bertanya dalam hati,,kenapa setiap mendekati seleksi perguruan tinggi apapun jenisnya terjadi kisah kegalauan siswa yang sama disetiap tahunnya. Ada apa dengan anak-anak ini…??

Kemudian saya jadi teringat kisah Andrea Hirata alias Ikal dalam novel-novelnya yang dengan mimpi-mimpinya ia akhirnya dapat meraihnya dengan cara memiliki keyakinan, kesungguhan dan tentunya perjuangan yang kuat. Ikal tidak binggung dengan apa yang harus dilakukannya esok, lusa dan tahun kedepan, karena ia sudah memilki cita-cita dan mimpi. Jalan yang harus ditepuhnya kedepan sudah diperkirakannya dan direncanakanya bulat-bulat. Dan akhirnya mimpi - mimpi itu menemuinya juga……

Sejurus kemudian akhirnya saya memiliki kesimpulan bahwa anak-anak ini belum punya mimpi dan cita-cita makanya jadi binggung atau bahasa anak sekarang galau. Jadi menurut saya, buat adik-adik yang akan ikutan SNMPTN 2011 kalau bisa adik-adik harus punya cita-cita dan mimpi di masa depan. Mimpi dan cita-citanya juga jangan terlalu umum seperti “saya pengen jadi orang sukses deh pokoknya”. Nah itu terlalu luas, coba lebih di fokuskan lagi atau di detailkan lagi, seperti saya ingin jadi dokter, jadi akuntan, jadi duta besar, jadi guru, jadi polisi asal jangan jadi Power Rangers aja….hehehe…becanda lagi ya…..:D
Power Rangers :



Nah kalau seperti itu kan jadi jelas dan terang benerang . Yang tadi mau jadi dokter ambil jurusan Kedokteran, yang mau jadi akuntan pilih akuntansi, yang mau jadi duta besar pilih jurusan Hubungan Internasional, yang mau jadi Guru pilih jurusan kependidikan, yang mau jadi polisi masuk Akpol, yang mau jadi Power Rangers…nah ini yang bikin binggung…hehehe……. :). So, buat adik-adik coba dulu membuat impian dan cita-cita ya…..lebih detail lebih bagus….baru tentukan jurusan yang akan dipilih….

Untuk lebih jelas, berikut dibawah ini saya sajikan menu download tentang informasi profil dan prospek kerja masing-masing jurusan IPA atau IPS….semoga bermanfaat……dan akhirnya saya tutup artikel ini dengan : "Salam Sukses SNMPTN 2011……"

Link profil dan prospek kerja IPA :Download
Link profil dan prospek kerja IPS :Download

Ditulis Oleh : Asepsandro ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 13 Hari Menjelang SNMPTN 2011 yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 15:24

0 komentar:

Post a Comment