Mengenal AFC Cup Dan Perbedaannya Dengan Liga Champions Asia

Written By Asep Irwan on Thursday, 26 February 2015 | 16:56

Sumber gambar diakses dari olahraga.kompasiana.com
Sebagai bangsa Indonesia, saya sedih mendengar Persib Bandung tidak lolos ke putaran liga champions Asia saat dikalahkan oleh Hanoi T&T dengan skor telak 4-0. Namun kesedihan itu berubah menjadi kegembiraan karena mendengar bahwa Persib masih berpeluang dalam turnamen AFC Cup. Tapi bersamaan dengan kegembiraan itu, saya kemudian jadi binggung atas kabar tersebut. Saya tidak cukup paham kenapa saat Persib yang gagal di liga champions Asia tapi bisa ikut AFC Cup.

Apa itu AFC Cup? Turnamen apa AFC Cup itu? Seketika dua buah pertanyaan itu melintas dibenak saya. Karena sepengetahuan saya di Asia hanya ada turnamen liga Champions. Dari pada bingung-bingung akhirnya saya telusuri sendiri apa itu AFC Cup. Dan inilah yang dimaksud AFC Cup serta perbedaannya dengan liga champions Asia tersebut.

Layaknya Liga Champions dan Piala UEFA Di Eropa
Untuk membedakan kedua kejuaraan liga champions Asia dan piala AFC kita bisa membuat perbandingannya dengan liga champions Asia dan piala UEFA di Eropa. Bagi teman-teman yang sudah paham betul apa itu liga champion dan piala UEFA pasti sudah bisa mengerti sistem dan format turnamennya. Jadi boleh diumpamakan bahwa liga campions Asia ini adalah liga champions Eropa dan piala AFC ini adalah piala UEFA.

Format dan Sistem
Jadi di Eropa memang ada beberapa klub dari sebuah negara yang mengikuti play off (penyisihan) terlebih dahulu sebelum mereka benar-benar bisa berlaga di putaran liga Champions atau lolos dari fase grup. Biasanya sistem play off ini berlaku bagi klub dari negara yang memiliki peringat rendah di UEFA (PSSI-nya Eropa). Jika mereka gagal di fase play off atau fase grup dengan peringat ketiga maka klub tersebut diperbolehkan untuk berlaga di piala UEFA. Hal yang kurang lebih sama ini juga berlaku di format kejuaraan klub di Asia yaitu liga champions Asia dan piala AFC. Nah lebih khusus lagi dari kasus Persib, klub asal kota kembang ini mengalami gagal fase play off dan mengaharuskan mereka turun kasta kejuaraan.

Turnamen Kasta Kedua Dan Untuk Negara Berkembang.
Dalam kosa kata lain yang konotatif, piala AFC adalah turnamen kasta kedua yang mempertemukan klub-klub dengan kualitas dibawah peserta liga champion Asia. Dengan predikat sebagai turnamen kasta kedua ini berarti memang boleh dikatakan prestise dan glmornya piala AFC tidak sebesar liga champions Asia. Dari segi lain seperti hadiah, turnamen piala AFC juga tidak memiliki hadiah sebesar liga champions Asia. Dan saat saya membaca laman situs wikipedia saya jadi sedih lagi karena di situs tersebut dinyatakan bahwa turnamen AFC Cup ini adalah turnamen yang diperuntukkan bagi negara-negara yang masih berkembang, dan itu termasuk Indonesia. Inikah nasib sepak bola di negeri ini?

Nusantara, 26 Februari 2015

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Mengenal AFC Cup Dan Perbedaannya Dengan Liga Champions Asia yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 16:56

4 komentar:

  1. ya gitu deh, afc itu kayak liga eropanya asia. kalau liga champion asia (acl) itu lebih ellite, macam liga championnya asia. tapi kalau tim indo kebanyakan banyak berbicaranya di afc..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, saya baru tau tuh.. hehehe :)

      Delete
  2. Ayo majulah indonesia jangan mundur nanti jatuh

    ReplyDelete
  3. Ayo majulah indonesia jangan mundur nanti jatuh

    ReplyDelete