Mengenal Manusia Generasi Y, Siapa Mereka??

Written By Asep Irwan on Monday, 1 December 2014 | 21:10

Sumber gambar : www.leadersheep.net
Anda seorang pemilik sebuah bisnis atau perusahaan? Sudah tahukah anda dengan kelompok generasi Y di kantor anda? Jika anda baru saja mendengar kelompok generasi Y ini, maka anda perlu berhati – hati. Segera pelajari siapa mereka. Karena jika tidak anda sebagai pemilik perusahaan akan dibuat pusing tujuh keliling oleh mereka. Secara umum, generasi Y atau ada yang bilang manusia millenium ke-2 adalah mereka yang lahir pada tahun 1980 – 1990-an. Mereka memiliki karakter yang sangat jauh berbeda dengan generasi pendahulunya generasi X. Latar belakang hidupnya adalah penyebab dari perbedaan mereka dengan generasi X.

Kelompok generasi Y hidup dengan pola pengasuhan yang amat intens dan nyaman. Dengan jumlah anak yang sedikit, wajar saja bila generasi Y ini memperoleh perhatian yang lebih dari orang tuanya. Namun dengan perhatian yang lebih ini justru menjadikan generasi Y terkesan lebih manja dan malas. Namun, dibalik kesan manja dan rasa malasnya tersebut, generasi Y sebenarnya memiliki banyak potensi jika dikembangkan, seperti :

Kreatif
Kreatif adalah hal yang sangat digemari oleh generasi Y ini. Inilah potensi utama dari mereka. Jika anda ingin mendapatkan daya kretif dari mereka, anda harus memberi mereka peluang dan keleluasaan dalam memberikan pandangan dan ide. Hal inilah yang kadang dilupakan oleh banyak perusahaan ketika mereka mengekang kebebasan berpendapat para karyawannya. Mereka terlalu egois bahwa sistem dan cara kerjanyalah yang paling terbaik.

Up To Date
Kelompok generasi Y adalah orang – orang yang selalu up to date. Mereka punya banyak bahan dan kabar yang bisa disampaikan jika anda memberikan kesempatan berpendapat buat mereka. Dunia yang sangat dinamis ini sudah seharusnya membutuhkan orang – orang yang selalu up to date. Penguasaan pada teknologi adalah modal kelompok generasi Y untuk selalu up to date.

Menggelora
Sebagai generasi yang bertumbuh di era millenium ke – 2, kelompok generasi Y dihadapkan pada banyak pilihan. Untuk menubuhkan semangat dan geloranya, anda harus memastikan bahwa apa yang dikerjakannya itu sesuai dengan passion-nya. Ketika mereka sudah pada passion-nya maka mereka akan beraktivitas dengan menggelora dan penuh gairah.

Terbuka
Apabila anda ingin memiliki karyawan yang selalu mau terbuka dengan anda, maka generasi Y bisa menjadi pilihan. Anda bisa berdiskusi, minta pendapat atau mengevaluasi mereka dengan saling terbuka. Jika anda mau terbuka, maka mereka juga akan terbuka dan menerima kritikan anda. Keterbukaan pada hal – hal tertentu bisa mendorong keharmonisan dan kemajuan perusahaan.

Nusantara, 1 Desember 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Mengenal Manusia Generasi Y, Siapa Mereka?? yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 21:10

2 komentar: