Cara Mendatangkan Good Mood Menulis Dengan Otomatis

Written By Asep Irwan on Thursday, 11 December 2014 | 20:59

Sumber gambar : www.nashvillescene.com
Aktivitas menulis memang sangat menyenangkan bagi orang – orang yang menggemarinya. Namun terkadang, aktivitas ini agak sedikit menghambat karena suasana hati yang sedang buruk (bad mood). Manusia memang tak bisa luput dari kondisi bad mood, karena manusia punya hati dan perasaan, jadi hal ini wajar - wajar saja. Namun, sebaiknya keluh kesah itu tak boleh terlalu lama, karena aktivitas menulis kita bisa terlantar karena bad mood yang tak kunjung usai. Meski penulis juga masih bergulat dengan keadaan ini, namun penulis kali ini akan membagi tips yang bisa dicoba untuk mendatangkan good mood menulis dengan segera dan otomatis dari pengalaman penulis :


Bikin Jadwal Rutin
Langkah awal dalam memulai aktivitas apapun pasti merupakan hal yang paling berat. Namun jika anda sudah bisa memulainya dan membuat aktivitas itu menjadi kebiasaan, maka hal tersebut akan menjadi ringan. Begitu pula dalam menulis. Menulis itu bukan hal yang sulit jika anda sudah terbiasa dengannya. Jika anda sudah terbiasa dengan menulis maka yang langah penting berikutnya untuk selalu mendapatkan good mood adalah membuat jadwal rutin menulis. Sisakan beberapa menit/jam dalam kesibukan anda dalam satu hari untuk menulis. Dan pastikan pukul berapa anda akan mulai menulis dan pukul berapa pula anda menyudahinya. Lakukan hal ini dengan rutin dan tertib, niscaya saat anda sudah terbiasa dengan jadwal menulis tersebut anda akan cepat dan bersegera untuk move on saat kondisi bad mood menyerang anda.

Bikin Deadline
Ada satu kutipan yang menyatakan bahwa kekuatan terbesar sebagian besar manusia akan terlihat jika mereka dalam kondisi yang kepepet. Inilah yang disebut “the power of kepepet”. Kepepet adalah kondisi dimana manusia dalam keadaan terpojok, tersudut dan diujung tanduk. Memang tak semua orang bisa mengeluarkan kekuatan super-nya saat mereka berada dalam situasi kepepet. Namun pada kecenderungannya manusia memiliki sifat alami untuk berbuat sesuatu yang lebih saat kepepet. Bagaimana menciptakan nuansa kepepet? Salah satu caranya adalah dengan membuat deadline atau tenggat waktu. Dengan deadline anda akan “dipaksa” untuk menulis dengan produktif. Jika pun suatu saat bad mood menyerang anda, dengan deadline yang sudah anda buat, anda akan bisa beregera bangkit dan menulis kembali dengan good mood yang muncul dengan sendirinya.

Ingat Tujuan Menulis
Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan saat bad mood menyerang adalah mengingat kembali tujuan menulis anda. Apa yang membuat anda memutuskan untuk menulis? Sadari dan resapi apa – apa yang menjadi alasan dan sebab anda menulis. Bagi penulis yang memang memiliki alasan kuat dan powerfull saat mulai menulis, biasanya dengan mengingat kembali tujuan menulis, mereka akan dengan segera bangkit untuk menulis kembali. Contoh beberapa penulis yang memiliki tujuan menulis yang powerfull itu adalah Andrea Hirata yang ingin membuat novel untuk diberikan kepada gurunya di Belitung atau Ahmad Fuadi yang ingin memberikan kebaikan bagi sesama.

Nusantara, 11 Desember 2014

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mendatangkan Good Mood Menulis Dengan Otomatis yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 20:59

4 komentar:

  1. "manusia cenderung memiliki sifat alami untuk berbuat sesuatu yang lebih saat kepepet"--gue banget ini -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ternyata anda sudah menerapkannya ya,, hehehe.. selamat.. :)

      Delete