The Exciting of East Java

Written By Asep Irwan on Sunday, 18 September 2011 | 19:09

Postingan yang satu ini muncul dari pengalaman penulis sewaktu mudik lebaran ke Jawa Timur beberapa waktu yang lalu. Selain tradisi silaturahmi, penulis juga melakukan perjalanan wisata ke beberapa tempat di Jawa Timur.

Exciting, awesome….!!! mungkin itulah yang dapat penulis sampaikan dari perjalanan wisata tersebut. Bukan untuk mengkesampingkan tempat wisata yang lain. Penulis sadar bahwa masih banyak tempat wisata di Indonesia yang menarik. Namun penulis disini merasa perlu untuk mengacungkan dua jempol untuk wisata Jawa Timur yang penulis kunjungi ini. Memang benar kalau ada anggapan yang mengatakan bahwa Indonesia surganya wisata alam. Karena untuk di tiga tempat Jawa Timur saja saya sudah dibuat terkagum – kagum, belum lagi di tempat lainnya yang notabene ribuan pulau yang dimiliki Indonesia. Sayang, pemerintah kita sepertinya masih belum mengoptimalkan ribuan potensi wisata di negeri ini. Semoga dengan adanya postingan ini nantinya ada kesadaran dari beberapa pihak yang terkait untuk dapat memaksimalkan potensi wisata ini.

Beberapa tempat wisata yang saya kunjungi bersama keluarga dan teman pada saat itu antara lain :

"PANTAI TANJUNG PAPUMA"
Pantai Tanjung Papuma terletak di kecamatan Ambulu, sebelah selatan Kota Jember, salah satu kota di Provinsi Jawa Timur. Pantai pasir putih ini terletak kurang lebih 37 km ke arah selatan dari Kota Jember, atau kurang lebih 235 km dari Kota Surabaya. Nama Papuma sendiri terbentuk sebagai akronim dari Pasir Putih dan Malikan. Kata “Tanjung” ditambahkan di depannya, untuk menggambarkan posisi pantai yang menjorok ke laut arah barat daya dari wilayah itu. Selain pantainya, hutan yang terletak di sisi lainnya juga jadi daya tarik obyek wisata ini (Arlina, 2009).

Objek yang baru beberapa tahun dibuka untuk umum ini menyimpan keindahan alam yang mengesankan. Tak ayal jika pada tahun 2007 Pantai Papuma memenangkan Juara 1 Lomba Anugerah Wisata Jawa Timur 2007 Jenis Obyek Wisata Alam Paling Populer di Jawa Timur (Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, 2009).

Satu lagi hal yang menarik di pantai ini, jika teman – teman ingin mengeksplorasi seluruh pantai ini, disini disediakan paket wisata bahari beserta penginapannya dengan harga yang terjangkau. Selain itu di kawasan ini, disediakan pula sewa fasilitas outbond, snorkling, motor ATV, dll. Dan bagi teman – teman yang hobi kuliner, jangan khawatir, disini juga banyak penawaran untuk kuliner ala menu seafood yang tentunya sangat menggugah selera.

Papuma (01) :

]


Papuma (02) :


Papuma (03) :


"GUNUNG BROMO"
Teman – teman ingin melihat pemandangan paling indah matahari terbit di Tanah Air? Datanglah ke Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ada sensasi tersendiri melihat matahari pelan-pelan muncul dari balik gunung dan awan terasa di bawah mata kita. Bagaikan mengawang di atas gunung. Tentunya dengan syarat teman – teman harus datang dilokasi subuh hari saat menjelang matahari terbit .

Objek wisata yang satu ini memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita sebagai bangsa Indonesia. Bahkan untuk wisatawan asing, wisata Gunung Bromo sudah menjadi rahasia umum. Selain keindahan matahari terbit, hamparan lautan pasir dan gugusan gunung – gunungnya membuat wisata Gunung Bromo akan semakin mengesankan.
Gunung Bromo :




"AIR TERJUN MADAKARIPURA"
Setelah berkunjung ke Gunung Bromo, masih di kabupaten Probolinggo, saya melanjutkan perjalanan wisata berikutnya ke kecamatan Lumbung. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit dari Gunung Bromo, teman – teman akan tiba di lokasi yang dianggap sebagai bekas petapaan patih Gajah Mada ini. Di tempat ini sekali lagi saya dibuat terkagum – kagum. Bagaimana tidak air terjun di sini sangat - sangat indah.

“Subhanallah, seperti di surga aja” itu ucapku setelah baru pertama kali tiba di air terjun ini.
“Subhanallah” dan “astaghfirullah” teman saya tak henti – hentinya mengucapkannya
“Seperti di alam mimpi” tukas salah satu teman saya juga yang ikut dalam perjalanan.

Teman – teman bisa bayangkan kalau ada dua gunung yang bertemu dan kita berada tepat dibawah kaki gunung tersebut. Nah, dipertemuan dua gunung tersebut muncullah air terjun yang jatuh dari ketinggian kurang lebih 1000 meter. Ingat masih dibawah kaki gunung, bayangkan jika disekeliling kita saat berada di air terjun semua adalah tebing – tebing yang tinggi dengan kerapatan yang sangat. Maksud saya disini adalah di lokasi ini kita akan merasakan sensasi melihat air terjun seperti didalam tabung.

Namun sebelum mencapai tempat air terjun Madakaripura, kita akan berjalan kurang lebih sejauh 1,5 km dari pintu masuk. Dan sebelum masuk ke dalam tabung air terjun Madakaripura tersebut kita juga akan menjumpai tiga air terjun kecil yang menghujani kita dengan lembut.

Keunikan lain yang dimiliki air terjun Madakaripura ini adalah tidak seperti air terjun lain yang alirannya sangat deras, aliran air terjun ini jatuh dengan sangat pelan. Sehingga jika kita mandi di bawah kucuran air tersebut, kita akan dibuat seperti mandi di shower kamar mandi namun dengan ketinggian shower yang sangat tinggi.

Madakaripura (01) :



Madakaripura (02) :



Madakaripura (03) :


So, pesan saya buat teman – teman yang hobi travelling, saya sarankan untuk mengunjungi objek –objek wisata tersebut. Saya jamin anda tak akan rugi dibuatnya. Sampai bertemu di tulisan asepsandro yang lain…. Salam….. :)

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul The Exciting of East Java yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 19:09

0 komentar:

Post a Comment