Google Ganti Logo Baru, Seperti Apa Perubahan dan Tujuannya?

Written By Asep Irwan on Wednesday, 2 September 2015 | 17:05

Images : www.okejoss.co
Hari ini saya terkejut saat membuka halaman pencarian Google. Saya memang selalu memanfaatkan mesin pencarian berlogo huruf G ini untuk banyak keperluan. Namun hari ini saya dikejutkan dengan adanya tampilan yang tidak bisanya pada halaman utama mesin pencari yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini. Awalnya saya mengamati doodle Google yang terlihat samar dengan menu klik atau play pada image doodle tersebut. Setelah diklik, ternyata ada sebuah tampilan animasi tangan yang menghapus logo Google dan menuliskan kembali logo Google yang lain. Seketika saya langsung menduga bahwa Google telah melakukan perubahan logo. Dan ternyata benar, logo Google memang telah berubah saat itu.

Secara kasat mata bisa jadi akan banyak yang beranggapan bahwa logo Google tidak perubahan. Hal ini dikarenakan pada logo yang baru, Google memang masih menggunakan pola warna yang sama. Namun jika Anda mengamati secara detail, sebenarnya logo Google telah berubah. Ini seperti kasus pada perubahan logo Facebook beberapa bulan yang lalu. Lalu seperti apakah perubahan logo Google ini sendiri? Berikut ulasannya.

Perubahan yang Terjadi
Perubahan yang terjadi pada logo Google yang terbaru ini sendiri nampak pada penggunaan font yang berbeda dari logo sebelumnya yaitu dengan menggunakan tipografi sans-serif. Selain itu dalam logo Google terbaru ini, ikon “G” biru juga mengalami perubahan dengan diganti simbol yang sesuai dengan desain logo yang baru. Hal lain yang berubah kerena penyesuaian logo terbaru adalah icon mikrofon. Icon microfon yang terletak di sebelah kanan menu pencarian kini berubah menjadi lebih berwarna-warni dari icon sebelumnya yang hanya berwarna biru saja.


Warna-warna yang digunakan pada logo terbaru Google ini lebih lembut dari biasanya. Sedangkan Logo sendiri mengesankan sesuatu lebih tegas dari sebelumnya. Karakter logo baru ini juga memperlihatkan pola baru dari perusahaan induk Google yang baru yaitu Alphabet dengan memiliki tipografi nyaris sama. Modifikasi ini juga membuat dua perusahaan ini berada dalam satu jalur.

Latar Belakang dan Tujuan Pengubahan Logo
Dalam perubahan logo terbarunya ini, Google ternyata memiliki dasar, latar belakang dan maksud atau tujuan. Pergeseran tren perangkat pemakai internet dari PC ke gadget diduga menjadi alasan terkuatmengapa Google mengubah logonya. Netizen kini memang lebih banyak yang menjelajah dunia online memakai perangkat mobile atau gadget seperti smartphone, arloji pintar, atau dashboard mobil. Dengan adanya Logo terbaru ini, Google berharap bisa lebih menyesuaikan diri untuk semua jenis perangkat, bahkan yang memiliki "layar terkecil" sekalipun.

Dalam keterangan resmi yang dimuat laman blog Google, dijelaskan bahwa perubahan logo ini merupakan cerminan komitmen Google untuk mengekspresikan diri lewat inovasi dengan rasa semangat di dunia teknologi. "Pengguna sekarang terlibat dengan Google menggunakan konstelasi perangkat, dan merek kami harus mengekspresikan kesederhanaan yang sama dan kegembiraan yang mereka harapkan dari homepage kami, sementara sepenuhnya merangkul peluang yang ditawarkan oleh masing-masing perangkat baru." Ujar pihak Google.

Evolusi Logo Google dari Masa ke Masa
Jika menelisik lebih jauh, ternyata logo baru Google saat ini merupakan logo ke enam yang dipakai perusahaan Raksasa itu sejak 1998 lalu di luar logo yang dibuat sebelum Google diluncurkan (pre-launch). Perubahan logo Google pertama sendiri terjadi pada periode 1998 - 1999, tak lama setelah launching logo pertamanya diperkenalkan ditahun yang sama. Pada akhir 1999 Google kembali memperkenalkan logo baru dengan font yang lebih ramping. Namun ternyata logo ini hanya bertahan satu tahun, sebelum akhirnya pada tahun 2010 Google kembali merombak desain logonya. Logo yang muncul pada tahun 2010 ini bertahan cukup lama hingga tiga tahun.

Pada tahun 2013, logo Google kembali mengalami perubahan. Perubahan logo ditahun 2013 ini merupakan perubahan logo yang sulit dikenali, pasalnya dari bentuk font tidak terjadi banyak perubahan, Google hanya mengubah logo yang semula nampak timbul menjadi lebih flat. Hingga akhirnya pada 1 September 2015 atau (2 September waktu Indonesia) Google memperkenalkan logo barunya dengan tujuan agar lebih sesuai dengan pergeseran tren perangkat yang dipakai oleh pengguna internet.

Nusantara, 2 September 2015

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Google Ganti Logo Baru, Seperti Apa Perubahan dan Tujuannya? yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 17:05

1 komentar:

  1. Aplikasi Android paling populer dan dicari saat ini : ->> WHAFF REWARDS
    Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Whaff Rewards
    1. Download "Whaff Reward" di playstore android kamu.
    2. Install Aplikasi . Jika sudah Silahkan Buka Aplikasi Whaff
    3. Klik Log In Diatas, dan Log in menggunakan Akun facebook.
    4. Sebagai Bonus Pertama, sobat bisa mendapat $0.30 whaff dengan memasukan Kode BV49347.
    5. Ingat Anda harus menggunakan Invitation Code ini BV49347.
    6. Selesai , Pendaftaran dan Bonus $0.3 Sudah anda terima.
    Dan ada yang sudah bisa beli motor dari Android.
    http://wong-sabar.blogspot.com/2015/09/cara-mendapatkan-uang-dari-whaff-rewards.html

    ReplyDelete