5 Tips Sukses Mewaralabakan Brand Bisnis dan Perusahaan Anda

Written By Asep Irwan on Wednesday, 19 August 2015 | 20:59

image : www.visualvisitor.com
Waralaba atau franchise adalah salah satu cara mengembangkan bisnis yang kini banyak menjadi pilihan para pengusaha. Dengan menciptakan citra produk yang dimiliki, para pebisnis ini kemudian meluaskan usahanya dengan menjual brand yang sudah banyak memikat banyak orang tersebut. Saya sendiri memandang cara ini memang terbukti efektif untuk bisa mengaet konsumen lebih banyak dan tentunya mengembangkan bisnis secara lebih luas lagi. Untuk Anda yang ingin mewaralabakan bisnis tentu Anda tak bisa menjalankannya secara sembarangan. Mewaralabakan bisnis butuh perencanaan dan strategi yang matang agar perjalanan bisnis waralaba Anda menjadi sukses. Berikut beberapa cara dan tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa sukses mewarabakan bisnis dan perusahaan Anda.

1. Milikilah Konsep Inti Waralaba yang Jelas
Tips sukses pertama dalam mewaralabakan binsis adalah dengan memiliki konsep inti yang jelas. Sebagai pemilik brand, Anda harus bisa menyesuaikan konsep inti waralaba yang tergambar jelas serta bisa memberikan petunjuk dan strategi menjual dengan baik kepada pembeli waralaba Anda. Untuk dapat mendapatkan gambaran waralaba yang jelas, Anda bisa membaca dan mempelajari konsep-konsep waralaba diberbagai sumber, referensi dan media. Selain itu Anda juga bisa memperoleh gambaran ini dari permintaan pasar dengan mendengarkan apa yang mereka inginkan. Dengan adanya konsep inti waralaba yang jelas ini, Anda tak akan memiliki langkah yang mantap untuk mencapai sukses dalam bisnis waralaba tersebut.

2. Pilihlah Franchise (Pewaralaba) dengan Hati-Hati
Membuka bisnis franchise (waralaba) tidak seperti menjalankan bisnis biasa yang harus melayani siapapun konsumen yang datang. Pada bisnis ini Anda harus lebih selektif dalam menentukan rekan atau mitra franchise yang datang melakukan penawaran. Kenapa harus pilih-pilih? Selain karena akan menjadikan Anda dan rekan franchise bekerjasama dalam waktu yang lama, bisnis waralaba juga akan menentukan nasib brand Anda di masa depan. Citra brand atau merk memang suatu hal yang sangat berharga dan bernilai tinggi. Nilai citra brand ini bahkan bisa berharga sangat tinggi jika sudah melekat positif di masyarakat atau tidak berharga sama sekali saat brand ini dikenal buruk oleh publik.

Maka dari itu Anda tak boleh sembarangan saat memilih mitra franchise yang akan datang kepada Anda. Jangan hanya karena kekuatan uang atau finansial yang lebih, Anda lantas dengan mudahnya menerima tawaran kerjasama franchise dari mereka tanpa adanya seleksi. Sebagai pemilik franchise, Anda sudah seharusnya melakukan seleksi dengan melakukan interview dan survei terhadap siapapun yang datang kepada Anda untuk mengajukan diri sebagai mitra franchise. Dengan proses seleksi ini maka Anda akan selangkah lebih baik untuk bisa mensukseskan waralaba bisnis Anda.

3. Serius Dalam Pelatihan
Sebuah bisnis waralaba umumnya membutuhkan pelatihan bagi para mitra franchise yang sudah bergabung. Terkait hal ini, Anda tak bisa sembarangan dalam melaksanakan pelatihan ini. Anda harus membuat dan melaksanakan pelatihan ini dengan baik dan serius. Dengan pelatihan yang baik dan solid akan membuat mitra franchise terbantu dalam memahami komponen dasar yang mereka butuhkan untuk menjalankan bisnis franchise nantinya. Saat para mitra franchise bisa menjalankan bisnisnya sesuai dengan materi pelatihan yang Anda inginkan, tentu hal ini menjadi sebuah langkah baik untuk menuju kesuksesan bisnis waralaba yang Anda bangun.

4. Terus Mengontrol Secara Ketat
Beriktunya, tips untuk sukses mewaralabakan brand bisnis adalah dengan terus melakukan kontrol secara ketat. Meskipun Anda telah mendapatkan uang waralaba dari mitra, Anda sebagai pemilik franchise tak bisa begitu saja membiarkan mitra menjalankan bisnis tanpa kontrol. Anda harus tetap mengontrol kegaiatan bisnisnya. Layani mereka jika mitra mendapatkan beberapa masalah atau kebingunggan saat menjalankan bisnis. Dengan adanya kontrol yang ketat dari Anda ini, perjalanan bisnis mitra franchise akan berjalan lancar berpeluang untuk sukses.

5. Evaluasi dan Perbaiki Jika Ada Kekurangan Pada Sistem Waralaba
Terakhir, tips sukses mewaralabakan bisnis adalah dengan memperbaiki setiap kekurangan yang ada dan muncul dari sistem waralaba Anda. Seiring berjalannya waktu, tentu Anda sebagai pemilik franchise harus selalu mengadakan evaluasi pada bisnis franchise yang sudah berjalan. Jika Anda menemui adanya kekurangan dan kelemahan dari sistem waralaba, Anda harus segera bergerak untuk memperbaikinya. Jangan menunggu terlalu lama untuk ini, karena sistem waralaba adalah sesuatu yang penting dan krusial yang mampu menentukan sukses tidaknya waralaba Anda.

Ditulis Oleh : Asep Irwan ~asepsandro

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 5 Tips Sukses Mewaralabakan Brand Bisnis dan Perusahaan Anda yang ditulis oleh asepsandro yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 20:59

2 komentar:

  1. Artikelnya keren sekali, menginspirasi
    ==========================================================
    Aplikasi Android paling populer dan dicari saat ini : ->> WHAFF REWARDS
    Aplikasi yang bisa mendapatkan Dollar lebih dari $10/day = 140rb/hari

    Bagaimana bisa?? Ikuti cara mudah berikut :
    1. Siapakan HP Android kamu, ingat ini khusus HP Android ya.
    2. Buka Playstore atau ke link berikut Whaff App.
    3. Lanjutkan install Whaff Rewards, dan open.
    4. Setelah kamu buka aplikasi, login dengan akun Facebook kamu
    5. Dan kamu akan diminta memasukkan Invitation Code, maka masukkan kode BV49347 dan Klik OK.
    6. Ini penting karena jika kamu tidak memasukkan kode BV49347 ini kamu tetap bisa login/masuk tapi tidak akan mendapatkan uang dollar pertama kali. Sayang kan?
    7. Sampai disini kamu sudah berhasil login dan mendapatkan dollar $0.3. Jika pas ada promo kamu bisa dapat $0.5. Dan ini hanya dollar kamu pertama kali.
    8. Setelah itu kmau akan mendapatkan dollars selanjutnya.
    Untuk lebih detail dan tanya2 silakan kunjungin link berikut :

    http://wong-sabar.blogspot.co.id/2015/09/cara-mendapatkan-uang-dari-whaff-rewards.html

    ReplyDelete